Apakah ada yang punya pengalaman dalam mendesign deluge piping system untuk platform, FSO, etc di lingkungan yang ambient temperature-nya below 0 deg C? Apakah baik kita menggunakan deluge system dimana piping dalam keadaan dry, saat terjadi kebakaran dimana deluge valve aktif dan mengalirkan air (water yach maksudnya..), maka air akan mengalir didalam pipa yang bersuhu dibawah 0 deg C. Possible icing? Blocking?

Tanya – Maurice Hutabarat

Rekans,

Apakah ada yg punya pengalaman dalam mendesign deluge piping system untuk platform, FSO, etc di lingkungan yang ambient temperature-nya below 0 deg C? Apakah baik kita menggunakan deluge system dimana piping dalam keadaan dry, saat terjadi kebakaran dimana deluge valve aktif dan mengalirkan air (water yach maksudnya..), maka air akan mengalir didalam pipa yang bersuhu dibawah 0 deg C. Possible icing? Blocking?

Monggo advice-nya.

Tanggapan 1 – Akh. Munawir

Pak Maurice,

Sy jd malah ikut bertanya, bukan kah water dgn temp dibawah 0degC akan beku?
Dan jika dengan system konvensional kemungkinan besar Deluge System-nya tdk akan bekerja dgn baik akibat frezzing.

Jika tetap ingin menggunakan Water System maka Water Warmer System untuk menjaga water temp. +/-25degC saya rasa perlu di-propose.
Atau mungkin perlu dipikirkan skenario2 yang lain.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Ada beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Dengan electrical tracing/water warmer system

2. Dengan menambahkan chemical penurun titik beku, namun compatibility dengan pipa dan equipment yang disiram patut dipertimbangkan.

3. Dengan melakukan sirkulasi pengaliran (self warming) secara kontinyu

Jelasnya apapun itu metodanya, akan keluar beaya tambahan. Kenapa tidak menghilangkan saja Deluge System dan menggantinya dengan layer of protection lainnya??

Lakukan risk assessment untuk membuktikannya.

Tanggapan 3 – Maurice Hutabarat

Pak Munawir/Pak DAM/Yanuar,

Terimakasih atas masukkannya. OK, upstream deluge valve kita maintain dengan warm water system, tetapi downstream deluge valve, pipa deluge yang dalam keadaan kering harus dilengkapi dengan heat tracing agar tetap hangat terus menerus. Costly juga nih…

FYI suhu ambient-nya sekitar -15 deg C.

Pak DAM,

Boleh tau lebih specific apa yg dimaksud dengan sirkulasi pengaliran (self warming) secara kontinu.

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Pak Maurice,

Apapun pilihannya cost nya besar, makanya saya menanyakan kembali efektifitas DELUGE SYSTEM ini, apa tidak sebaiknya di dismantled saja, dan perkuat LAYER of PROTECTION lainnya (BPCS, SIS, Alarm & Human Intervention, Relief, Fire &Gas Detection, Fire Emergency Response, etc.)

Prinsip sirkulasi adalah menjaga seluruh sistem deluge agar tidak ada ‘DEAD HEAD’ (karena dead head berpotensi membekukan) dan tetap mengalir, bagaimana parameternya (flow, tekanan, temperature)? yah harus simulasi …