Select Page

Produk2 hydraulic/lube oil (VG22, VG32 dan sebagainya) komposisi dan formulanya tergantung manufacturernya (contoh, Total punya brand Azolla, Shell dengan Tellus). Secara generic data-data untuk VG22 (Viscosity Grade 22) sebagai berikut : Specific gravity (water = 1) : 0.86 – 0.88; Viscosity : @ 40 C : 22 cSt, @ 100 C : 4.4 cSt.

Tanya – Herdian Ramadhani (HRM – EDOP)

Dear Pa & Bu yang sudah berprestasi di bidangnya masing-masing,

Saya membutuhkan data oil property ISO VG22 pada temperature 55 degree Celcius, sebagai berikut :

– Density

– Heat capacity

– Dynamic Viscosity

– Heat conductivity

Apabila ada tools/software untuk kalkulasi variant oli pada berbagai kondisi akan sangat membantu.

Thaks in advance,

Tanggapan 1 – Fadhli Halim@saipem

Pak Herdian,

Pak herdian bisa menggunakan software Hysys. Bapak masukkan komponen, temperatur, tekanan serta komposisi. Maka bapak akan menemukan data2 yang bapak tanyakan tadi.

Semoga bisa membantu pak.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Fadhli

Sepengetahuan saya yang sedikit ini, Software HYSYS boleh dibilang tidak berdaya sama sekali untuk menghitung parameter-parameter proses yang dimintakan Pak Herdian, sepanjang KOMPOSISI (assay analysis) dari lube oil yang bersangkutan tidak diketahui. Dan, tentu saja perusahaan yang memproduksi lube oil tersebut TIDAK AKAN mau membongkar rahasia resep Lube Oil nya (dalam hal ini komposisi kimiawinya). Software itu bodoh sepanjang kita tidak tahu apa yang kita masukkan ke dalamnya: kita masukkan sampah akan keluar sampah…

Cara efektif tentu saja seperti dibilang BAGOL, yakni dengan menanyakan langsung pada Supplier / Manufacturer nya.

Cara kedua adalah dengan menganalisa sampel Lube Oil nya di Laboratorium yang kredibel untuk memperoleh parameter-parameter termaksud. Banyak laboratorium yang kredibel ayng dapat melakukan tugas ini dengan sekali kerling… bisa di Corelab yang mahal atau di laboratorium Kimia ITB…

Tanggapan 3 – Eko Drajat, Nugroho

Cara bagol yg dimaksud Mas DAM mungkin seperti Analogi Ahli Matematika, Ahli Fisika dan Insinyur Mesin dalam menghitung volume Tabung.

Ahli Matematika: dg rumus integral tingkat tiga ……………… ketemu: 4.99 m3

Ahli Fisika: … dg gelas ukur, dan rumus fisika ……………. ketemu: 4.98 m3

Insinyur Mesin: ……… tengok Name Plate nya ……… tertulis: 5 m3

Tanggapan 4 – Ari Firmansyah

Pak Herdian,

Untuk produk2 hydraulic/lube oil (VG22, VG32 dan sebagainya) komposisi dan formulanya tergantung manufacturernya (contoh, Total punya brand Azolla, Shell dengan Tellus) jadi untuk lebih detail bapak sebaiknya consult ke mereka. Secara generic data-data untuk VG22 (Viscosity Grade 22) sebagai berikut :

Specific gravity (water = 1) : 0.86 – 0.88

Viscosity :

@ 40 C : 22 cSt

@ 100 C : 4.4 cSt

Sayang saya tidak bisa menemukan data untuk heat capacity dan heat conductivitynya.

Semoga membantu.

Share This