Select Page

UU13/2003 tentang ketenagakerjaan tidak diatur mengenai vacation allowance atau gaji ke 14. Yang ada hanya THR atau sebagai gaji ke 13. Artinya vacation allowance bukan secara normatif harus disediakan oleh manajemen perusahaan kepada para karyawannya. Jadi kalau ada perusahaan yang tidak memberikan vacation allowance kepada karyawannya, tidak akan bermasalah dengan depnaker.

Tanya – tami mustikasari

Teman-teman,

Ada yang bisa share (terutama teman-teman BJServices, Schlumberger, Weatherford, Franks) apakah di Perusahaan masing-masing memperoleh Vacation Allowance atau Gaji ke-14 di setiap anniversary term kerjanya?
Saya butuh semacam pembanding untuk diberlakukan di company saya. Management kami tidak aware masalah ini dan mereka merasa bukan Oil & Gas Company melainkan cuma Kontraktor.
Jadi, kalau ada teman-teman yang bisa memberikan informasi perihal ini (Japri juga boleh), saya sangat berterima kasih.

Tanggapan 1 – Indra Prasetyo

Masalahnya sebetulnya bukan apakah perusahaan itu oil & gas atau hanya kontraktor, tetapi apakah tunjangan cuti tsb diatur dalam UU Naker (UU No.13 Th.2003). Kalau iya, artinya semua perusahaan, apakah itu oil & gas atau kontraktor atau perusahaan apa pun, harus memberikan tunjangan cuti. Tetapi kalau tidak, artinya itu kembali ke kebijakan masing2 perusahaan. Untuk oil & gas company memang umumnya memberikan tunjangan cuti yang besarnya bisa lebih dari 1x gaji.

Tanggapan 2 – tami mustikasari

Thanks, Pak Indra.

Saya paham bahwa itu memang diatur oleh Peraturan Perusahaan masing-masing. Kalau memang diatur dalam UU artinya itu mandatory. Jadi perusahaan saya melanggar peraturan kalau tidak mengadakan Vacation Allowance, tidak perlu pakai pembanding pun saya dari awal mungkin tidak akan joint ke perusahaan saya. Oleh karena itu saya minta informasi dari teman-teman milis migas sebagai bahan pembanding untuk presentasi ke management.

Tanggapan 3 – Paulinus STG

Wah diatur oleh UU ya …?

Jadi penasaran pengen baca UU no 13 thn 2003 ..

Mas2 ada yg punya ? ato bisa dishare di Website pak MOD ..

Sekalian donk .. apakah salary survey 2008 versi OnG sudah keluar blum? bila ada mohon disharing .. ini kan isu panas tahunan he3 ..

Tanggapan 4 – James Arifin

Sekarang major oil & gas company sudah menghilangkan Vacation Allowance ini tapi diganti dengan Performance Bonus yang kaitannya dengan performance company + performance individu.

Tanggapan 5 – Aroon Pardede

Dear pak Paulus and all,

Untuk undang-undang (dan peraturan-peraturan lainnya), dapat di unduh (download) di website setneg RI, www.setneg.ri.go.id. Terima kasih. Tapi, sepengetahuan saya UU 13 ini tidak mengatur tentang vacation allowance, atau gaji ke-14. Setahu saya, yang diatur hanya THR (tunjangan hari raya). Demikian, semoga membantu…

Tanggapan 6 – pungki purnadi

Apa yang dikatakan rekan Aroon benar, bahwa di UU13/2003 tentang ketenagakerjaan tidak diatur mengenai vacation allowance atau gaji ke 14. Yang ada hanya THR atau sebagai gaji ke 13.

Artinya vacation allowance bukan secara normatif harus disediakan oleh manajemen perusahaan kepada para karyawannya. Jadi kalau ada perusahaan yang tidak memberikan vacation allowance kepada karyawannya, tidak akan bermasalah dengan depnaker.

Btw, sehubungan dengan kepentingan perusahaan untuk menarik pekerja professional untuk bergabung ke perusahaan serta untuk me retain orang2 yang ada, maka kebanyakan perusahaan berusaha menerapkan vacation allowance yang diatur dalam perjanjian kerja bersama (PKB) ataupun peraturan perusahaan (PP).

Demikian informasinya.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan Bulan Maret 2008 dapat dilihat dalam file berikut :

Share This