Select Page

Dalam suatu aktivitas pengakatan tidak hanya dalam pengangakatan pipe, semua tools pengangakatan harus di tinjau dulu untuk bebannya dulu, pengangkatan bisa menggunakan web sling & wire sling.

Tanya – Hendra Messa

Dear rekan sekalian,

Khususnya praktisi safety,

Dalam pengangkutan pipa / casing, saya perhatikan transporter ada yg pakai webbing sling ada juga yg pakai rantai.

Biasanya utk pipa/casing ukuran besar spt 30 – 40 inch, mereka pakai rantai dg alasan lebih kuat ( ? )

Sedangkan utk pipa/ tubing ukuran kecil semisal 7 , 9 , 12 inch, biasanya pakai webbing sling.

Mohon sharing dari rekan sekalian, bagaimana sebenarnya standar pengikatan pipa/casing dalam transportation process, apakah bisa berbeda2 alat pengikatnya , sesuai jenis beban, atau hanya pakai webbing sling atau rantai saja.

Mohon pencerahan nya.

Tanggapan 1 – Muhammad Syafriansyah

Dear Hendra,

Dalam suatu aktivitas pengakatan tidak hanya dalam pengangakatan pipe, semua tools pengangakatan harus di tinjau dulu untuk bebannya dulu, pengangkatan bisa menggunakan web sling & wire sling, sedangkan untuk menggunakan rantai saya belum pernah melakukannya karena kalau dalam penilai saya menggunakan rantai untuk risknya lebih tinggi, di karenakan rantai cendrung lebih licin di bandingkan wire sling.

Untuk pengangkatan pipe yang masih dalam kapasitas web sling saya rasa lebih safe menggunakan web sling karena mengunakan web sling pipe tidak mudah merosot, tetapi menggunakan web sling atau wire sling harus tau cara pengikatannya supaya tidak merosot.

Itu sedikit penjelasan dari saya, mungkin dari bapak2 yang lebih berpengalaman dapat menambahkan atau mengkoreksinya.

Terimakasih.

Tanggapan 2 – Syarif Isa

Tambahan aja nih, betul seperti yang diutarakan Pak Syafriansyah. Tapi kalo melihat email pak Hendra, rantai atau websling itu digunakan untuk lashing pada saat transportasi bukan untuk lifting. Sebenarnya kuat atau tidaknya itu bisa dilihat dari SWL websling tersebut, kalopun rantai ada juga SWL nya. Karena kalo memang kita lihat untuk pipe yang besar (pasti lebih berat), si transporter itu kemungkinan tidak mempunyai websling nya jadi dia pake aja rantai yang dia pikir pasti kuat karena dari besi juga padahal rantai itu dapat merusak permukaan dari pipe itu.

Pada saat lifting, kalo diikat melingkar ke pipe sebaiknya gunakan websling yang sesuai SWL nya dan juga tidak licin atau gunakan wire sling yang ada pipe clamp diujungnya (ditempatkan di ujung2 pipe).

Semoga membantu.

Share This