Select Page

Apa pengertian tentang RVP (reid vapor pressure) dan TVP (true vapor pressure) dan mengapa gas atau LPG jika mengalir didalam pipa yang berdiameter kecil (jika di venting) akan terbentuk freezing pada dinding luar pipa seperti es batu?

Tanya – Marannu @chevron

1. Apa pengertian tentang RVP (reid vapor pressure) dan TVP (true vapor pressure) saya masih bingung nih?????

2. Mengapa gas ato lpg jika mengalir didalam pipa yg berdiameter kecil (jika di venting) akan terbentuk freezing pada dinding luar pipa seperti es batu?

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Pak Maranu,

Agak sulit juga memilihkan penjelasan khusus buat bapak, saya menebak2 background supaya pas. Kalau dilihat kedua term ada tekanan uap ya pak ya. kita mulai dengan air kalau ingat kebelakang semasa di SMA tekanan uap air = 14.7 psi atau 1 bar pada temp 100 C artinya apa sih kalimat itu.

Sebenarnya kalimatnya di balik pak air mendidih pd 100 C memberikan tek uap 14.7 (mengimbangi tek lingkunghan nya) .

Nah sekarang kita ke crude, kalimat TVP ,doang tidak meaningful. tapi harus disambung dg say 20 psia, atau 8 psia dan sbg nya,,,, kalau bapak ikut analogi air diatas crude yg bapak handling punya tekanan 10 psig at 100 F, artinya pd 100 F crude itu sudah mendidih memberikan tekanan 10 psi diatas tekanan atmopfir.

Bagi kepala lapangan angka itu penting karena dia tahu sekaang dia ngak boleh nyimpan crude itu pd temp 100F, karena crude itu akan mendidih, lanjutannya banyakl banget dari unsafe sampai lost product. Bagi Tanker capt. bisa dipakai tool buat menolak mengangkut karena membahayakan, buat maintenance, bisa dipakai menjelaskan kenapa pompanya gas lock melulu atau bdi repair melulu dan lain lain kegunaan… somehow ada emergency nih ntar disambung pertanyaan lain nya.

Tanggapan 2 – Weby

Pak Marannu,

Saya coba jawab no.2 ya.

Itu namanya Joule-Thomson effect. Ketika gas alam di venting, gas alam akan mengalami penurunan tekanan yang akan diikuti oleh penurunan temperatur.
Jika penurunan tekanannya cukup signifikan, tentunya penurunan temperaturnya juga cukup signifikan sehingga akan terasa dingin seperti es batu. Bapak bisa juga mengamati control valve yg mempunyai pressure drop yang besar, biasanya terasa dingin dan kadangkala ada titik2 embun di control valve atau downstream dari control valve.

Ada juga gas yg jika diturunkan tekanannya justru temperaturnya akan naik, tetapi jarang kita temui. Itu bergantung Joule-Thomson coefficient-nya. Bapak bisa coba baca-baca sendiri atau Googling di internet.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Maranu,

Kemarin TVP sudah yah, nah RVP aka Reid Vapor Pressure ini tekanan uap juga tapi yang secara comersial dilakukan di dunia oil and gas,,, saya ngak tahu apa bapak pernah lihat bagai mana RVP dan TVP di ukur ????. kalau belum its a good untuk tahu secara langsung , kalau bapak ada di terminal silahkan anda ke Lab disana bapak akan lihat bagai mana RVP diukur, jadi crude dimasukan ke container tertutup lalu di panaskan di water bath at 100 F swetelah suhunya dianggap steady pressure dibaca… guna nya buat apa,,, banyak pak kalau dipakai ngukur bensin, kalau tinggi, bisa dipakai sbg indikator potensi merusak lingkungan ,, bisa dipakai pemilihan pompa,,, bisa dipakai ukuran loses di tangki dll.. yang lain sudah dijawab pak Webi .

Share This