Select Page

Faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih bahan-bahan isolasi adalah:§
1.Suhu operasi sistim ; 2.Jenis bahan bakar yang sedang dibakar ; 3.Ketahanan bahan terhadap panas, cuaca dan kondisi yang merugikan ; 4.Konduktivitas panas bahan ; 5.Diffusivitas panas bahan ; 6.Kemampuan bahan bertahan pada berbagai kondisi, seperti kejutan panas, getaran dan
serangan bahan kimia ; 7.Ketahanan bahan terhadap nyala/api ; 8.Daya tembus/permeabilitas bahan ; 9. Biaya total, termasuk pembelian, pemasangan dan perawatan Biaya total,termasuk pembelian, pemasangan dan perawatan.

Tanya – husain tohari

Pak/mas/Ibu/mbak yang saya hormati!!!
Saya mohon bantuan tentang insulasi pada thermal oil boiler?
Apakah jenis bahan dan karakteristiknya sama antara yang digunakan di kapal dan didunia petroleum? karena kemaren waktu saya baca literatur tersebut ada persyratan khusus untuk berbagai kondisinya.

Kalau emang benar, apa saya bisa minta tolong minta info tentang jenis bahan dan sumbernya berasal? Terima kasih sebelumnya

Tanggapan 2 – Muchlis Nugroho

Kalau di kapal itu di bagian mananya Pak?
Lalu insulasinya itu maksudnya insulasi di pipa ataukah di furnace nya Pak?

Tanggapan 3 – husain tohari

Itu sebenarnya mau dipasang di instalasi pipa untuk sistem pemanas bahan bakar, agar tidak terjadi losses yang besar maka saya mengangkat masalah tersebut untuk saya jadikan Tugas Akhir.

Thanks before.

Tanggapan 4 – Baso Murdin

Pak Tohari,

Saya mencoba membantu, menurut yang artikel yang saya dapatkan pada energiefieiciency asia bahwa :Faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih bahan-bahan isolasi adalah:§

1.Suhu operasi sistim

2.Jenis bahan bakar yang sedang dibakar

3.Ketahanan bahan terhadap panas, cuaca dan kondisi yang merugikan

4.Konduktivitas panas bahan

5.Diffusivitas panas bahan

6.Kemampuan bahan bertahan pada berbagai kondisi, seperti kejutan panas, getaran dan
serangan bahan kimia.

7.Ketahanan bahan terhadap nyala/api

8.Daya tembus/permeabilitas bahan

9. Biaya total, termasuk pembelian, pemasangan dan perawatan Biaya total,termasuk pembelian, pemasangan dan perawatan

Bahan-bahan isolasi termasuk penggunaan adalah berdasarkan type isolasi adalah :

-.Isolasi Suhu Menengah (90 – 325deg C), yang digunakan dalam pemanasan suhu rendah dan peralatan pembangkit steam, jalur steam, saluran cerobong, dll.
Bahan yang paling banyak digunakan adalah magnesia 85 persen, asbes, kalsium silikat dan serat mineral.

-. Isolasi Suhu Tinggi (325oC dan diatasnya), yang biasanya digunakan untuk boiler, sistim steam lewat jenuh, pemanggang oven, pengering dan tungku. Bahan yang paling banyak digunakan adalah asbes, kalsium silikat, serat mineral, mika, vermiculit e, semen tahan api, silika dan serat keramik.

Dibawah ini juga saya sertakan jenis bahan isolasi berdasarkan ketahanana, penggunaan dan keuntungannya sesuai type yang bapak inginkan.

*1. Rockwool* (serat mineral) Dibuat dengan melelehkan basalt dan arang dalam sebuah kubah pada suhu sekitar 1500oC.Digunakan bahan pengikat berbasis phenol. Tersedia dalambentuk keset, selimut, dan bentuk yang terlepas atau dibentuk sebagai isolasi pipa.

*Kegunaan:* Cocok untuk suhu sampai 820oC. Digunakan terutama untuk mengisolasi oven industri, penukar panas, pengering, boiler dan pipapipa suhu tinggi

*Keuntungan*: memiliki kisaran densitas yang besar dan tersedia dalam banyak bentuk. Bersifat *inert *secara kimia, tidak korosif dan mencapai kekuatan mekanis selama penanganan.

*2.Fibreglass :*Dibentuk dari pengikatan serat *fiberglass *panjang dengan resin *thermo setting *membentuk selimut dan *bats, *papan semi kaku, papan kaku dengan densitas tinggi dan dibentuk seperti bagian pipa.

*Kegunaan:*Cocok untuk suhu sampai 540oC. Digunakan terutama untuk mengisolasi oven industri, penukar panas, pengering, boiler dan pipa.

*Keuntungan :*tidak akan hancur oleh penuaan*.*

*Kerugian:* Produk *fibreglass *sedikit basa-pH9 (Nilai netral pH7). Harus dilindungi dari pengaruh pencemaran luar untuk menghindari percepatan korosi terhadap baja.

*3.**Kalsium silikat :*Dibuat dari bahan kasium silikat anhidrat yang diperkuat dengan pengikat non-asbes. Tersedia dalam bentuk lempeng berbagai ukuran.

*Kegunaan :* Cocok untuk suhu sampai 1050oC. Digunakan terutama untuk mengisolasi dinding tungku*, *kotak pemadam, refraktori, *lining *gas buang dan boiler.

*Keuntungan:* Struktur sel udaranya kecil, konduktivitas panasnya rendah, dan akan menahan bentuk dan ukurannya pada kisaran suhu yang dapat digunakan. Ringan namun memiliki kekuatan struktur yang bagus sehingga dapat bertahan terhadap abrasi mekanik. Tidak akan terbakar atau busuk, tahan terhadap uap air dan tidak korosif.

**

Mudah-mudahan penjelasan saya diatas cukup membantu bapak untuk pemilihan bahan isolasi.

Tanggapan 6 – B. Zulhijaya

Pak Tohari

Pakai mineral wool juga bisa kalau tidak terlalu banyak ‘persyaratan khususnya’.

Share This