Select Page

Mohon sharing experiencenya jika ada yang pernah melakukan pipe line pigging dengan menggunakan gel pig (tanpa normal pig sama sekali).

Tanya – Widodo Wirjono

Rekan-Rekan Milis Migas Yth.

Mohon sharing experiencenya jika ada yang pernah melakukan pipe line pigging dengan menggunakan gel pig (tanpa normal pig sama sekali).

Sebagai backgroundnya, kami akan commissioning 42′ subsea pipe line sepanjang 55 km, menuju SPM, yang saat ini berisi sea water (+/- 350.000 bbl). Normal service line ini adalah condensate. Target kami adalah mendisplace sea water dengan minimizing mixing antara sea water dengan condensate.

Karena pigging facilitynya baru akan dipasang tahun depan sedangkan commissioning akan dilakukan tahun ini, maka kami mempertimbangkan 2 option, yaitu:

1. Memompakan condensate dengan velocity tinggi (pada turbulence region). Sea water ini akan di load ke kapal, kami harapkan sejumlah sea water yang terkontaminasi dengan condensate pada akhir displacement akan dipisahkan di slop oil tank.

2. Memakai Gel pig sebagai ganti normal pig, dan didorong dengan condensate dibelakangnya.

Saya melihat informasi tentang gel pig ini di web site dibawah:

http://www.bjservices.com/website/pps.nsf/cbedde21283c2d5e86256a610068de1c/646842f2d549fe0686257142005b96e8?OpenDocument

Atas sharing informasinya saya ucapkan terimakasih

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Pak Widodo,

Saya kira idea gel pig boleh juga untuk clean up sekalian sebagai displacer, pengalaman saya it work well. gel pig tsb bisa di formulasikan kekuatan nya say kalau delta P > 200 desintegrate ,,,,, dan biasanya (komersil) kata sales,,, diformulasikan job by job basis ha ha ha. tapi contact saja dowel, they good.

Curious, buat temp receiver dan launcher saya kira not that dificult, kadang kadang bisa rental juga.

Tanggapan 2 – Widodo Wirjono

Pak Roeddy,

Terimakasih atas responsenya, kami akan coba dengan Dowel.
Temporary pig launcher dan receiver sudah di usulkan dan sudah dapat masukan dari Rekan-Rekan Migas juga, tetapi terkendala masalah legal & commercial.

Tanggapan 3 – hasan uddin

Sepertinya pada saat eksekusi pre-comm block b subsea development – BBSD projectnya COPI pake gel pig pak.

Mungkin temen2 COPI (pak Iwandana) atau temen2 Technip yang execute project ini bisa share pengalamannya. Yang jalanin waktu itu rasanya BJ Services Singapore.

Share This