Select Page

Kalau ada yang memiliki gambar/foto valve flange yang menggunakan mur ASTM A453 Gr 660
dan data temperature, jenis fluida, dan pressure pada valve tersebut mohon bantuannya di share ke saya.

Tanya – dani achmad

Buat rekan2

Kalo ada yang memiliki gambar/foto valve flange yang menggunakan mur ASTM A453 Gr 660 dan data temperature, jenis fluida, dan pressure pada valve tersebut mohon bantuannya di share ke saya. Terima kasih.

Tanggapan 1 – firli mustari

Dear Mas Dani Achmad,

Kalo boleh tau apa jenis valve yang ingin mas cari gambarnya ?
Setahu saya merujuk ke ASTM A453 Gr 660 yang mas bilang ini dapat menandakan bahwa koneksi valve tersebut menggunakan standar ASME atau ANSI (mohon di koreksi bila saya salah)
Jika sudah tau jenis valve yang bapak cari mungkn saya dapat bantu memberikan gambar valve yang dimaksud.

Adapun spesifikasi material ASTM A453 Gr 660 :

Jenis raw material yang cocok untuk bahan bolt, High temperature, memiliki Yield strength 50 – 120 KSI serta memiliki koefisien untuk berekspansi yang setara dengan bahan bolt yang terbuat dari Baja Austenit.
Adapun tingkat kandungan Gr 660 ==> 14 Cr -24Ni.

Mohon di koreksi jika keterangan diatas tersebut salah.

Tanggapan 2 – budi yuwono

Dear,

Sekedar sharing, kalau di tempat saya biasanya merujuk dulu ke piping classnya specification nya, disitu terdapat data mengenai press., temperature, base material dan detail spec of (piping, bolt, flange, gasket, valve, fitting, branch, dll).

Jadi kalau menurut hemat saya sebaiknya dicari dulu di piping class specification yang ada di tempat pak ahmad. Karena pertanyaannya agak membingungkan, yang pertama jenis valve gak disebutin, kemudian press. Temperature rating malah ditanyakan. fluida yg dialirkan jg ditanyakan. masalahnya satu material dia bisa saja mempunyai pressure dan temperature rating yang berbeda.

Contoh: wedge gate valve 1′ dengan material ASTM A105-13 Cr bisa aja mempunyai rating 150# atau 300#. Untuk rating 150# dia mempunyai kisaran pressure-temperature antara 19.6 barg @ -29deg.C
sampai 16.5 barg @ 130 deg.C.
Untuk rating 300# kisaran press.-temperature nya antara 51.1 barg @ 38 deg.C sampai 38.7 barg @ 300 deg.C.

Fluida yang dialirkan pun juga berbeda walaupun base materialnya sama.

Share This