Select Page

Untuk menjalankan 2 Operating Sistem dalam satu buah PC/Laptop, caranya adalah pada saat instalasi, pilih untuk menginstal Linux ke partisi hardisk yg lain. Misalnya untuk Windows XP di Partisi C dan Linux di D. Tapi untuk yg ini perhatikan dulu space hardisk yang tersedia dan yang lebih penting kemampuan komputer anda.

Tanya – Erwin (Jakarta) @WorleyParsons

Pagi Kawan`s,

Saya mau nanya, Bagaimana caranya Memformat Laptop Baru yg sudah di isi Linux Kernel, sebab jika di hidupkan yg keluar adalah linux kernel, terus terang saya saya 100% tidak mengerti, sudah saya coba dengan menginstall W-XP tapi tetap aja gak bisa ( Gak kebaca ama DVD ROM ), jadi please di beritahukan urutan memformat nya serta option option yg mungkin ada..sehingga Laptop (Hadiah ) bisa di jalankan sebagai mana mesti nya. Terima kasih.

Tanggapan 1 – Bambang Cahyono

Pak Erwin,

Laptop baru driver HDD controller nggak kompetibel dengan winXP kebawah kecuali winXP Indego atau Vista saja sekalian, begitu di run cd nya ada pilihan intall dimana, besarnya partisi dan formatnya. silahkan mencoba.

Tanggapan 2 – Sketska Naratama

Tambahan dikit walau tidak cukup nyambung dgn subjek ini,

Minggu yang lalu laptop kantor yang saya gunakan crash. Boot up terus, sehingga tidak dapat masuk OS (operating system). Solusi jitu yang dilakukan adl ke tempat hardisk (HD) recovery.

Selain dapat recovery data, mrk juga dapat membetulkan HD kita yang rusak dan/atau sudah lemah utk membaca data. Silahkan datang ketempat services mrk, di daerah Bambu – Palmerah. Patokan nya, tepat dibelakang RS Harapan Kita – Jakarta.

Semoga bermanfaat dan mrk cukup membantu penyelematan data2 kantor didalam laptop yang saya gunakan. Ada 2 pilihan, mau recovery dan membetulkan HD.

Tanggapan 3 – Syafar Dino

Caranya untuk menjalankan 2 Operating Sistem dalam satu buah PC/Laptop, adalah pada saat instalasi, pilih untuk menginstal Linux ke partisi hardisk yg lain. misalnya untuk Windows XP di Partisi C dan Linux di D. tapi untuk yg ini perhatikan dulu space hardisk yg tersedia dan yg lebih penting kemampuan komputer anda.

Tanggapan 4 – Hengki Santoso

Dear Erwin,

Coba rubah dulu setting biosnya supaya hdnya terset sebagai IDE bukan sata baru install Windows dan jangan lupa haus semua partisi yang ada supaya benar2 bersih dari linux.

Tanggapan 5 – rifa ariefandi

Sedikit saran dr saya pak Erwin, cb bpk set dulu Bios System (pada saat restrat cb bapak tekan F2 kalo ga slh, utntuk masuk k Bios System, dan coba bpk cari menu Bootable), spy bootable system tdk dr hard disk, tp loading nya dari DVD Rom, dan d DVD Rom itu bapak masukan CD WinXP yg ada bootable. Stlh itu dari Win XP akan otomatis running dan ada pilihan untuk mengformat ulang hardisk dari Linux.

Pembahasan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan April 2008 dapat dilihat dalam file berikut:

Share This