Select Page

Banyak hal yang memungkinkan sehingga terjadi restart pada komputer. Kemungkinan yang sering terjadi: 1. kerusakan pada memory, hal ini terjadi apabila memory yang digunakan panas. pada awalnya, kerusakan pada memory berupa komputer yang sering restart, tapi lama kelamaan memory tersebut akan rusak; 2. Kartu VGA (VGA card) yang rusak. kerusakan yang terjadi pada vga berupa fan pada vga card yang mati sehingga mengakibatkan chipset vga panas. Pada akhirnya vga akan rusak ; 3. Hardisk. hardisk yang sudah mulai rusak dapat dikenali dengan sering tidak terbaca dan restart yang tiba-tiba. ketika kondisi hardisk tidak terlalu panas, pada umumnya hardisk berfungsi sempurna. tapi ketika sudah panas maka komputer bisa restart tiba-tiba.

Tanya – Amri Marpaung

Dear Miliser,

Komputer saya (OSnya-Windows XP) sering Restart sendiri, walaupun sudah di install ulang, tapi penyakitnya tetap begitu.

Mungkin diantara rekan-rekan ada yg pernah mengalami hal yang sama atau tahu mengatasinya.

Tanggapan 1 – Hendri D

Lae Marpaung, saya pernah mengalami serupa. Ternyata masalah nya ditombol reset yang rada-rada short, trus dilepas dan nggak dipake lagi. Ya sampai sekarang nggak ada masalah. Kemungkinan ini membantu.

Tanggapan 2 – Ade Fajar

Pak Amri,

Sebelum restart, ada muncul pesan dari Windows. seperti ; Windows will restart bla bla bla….?
Kalau iya, kemungkinan terkena virus worm (saya tidak tahu pasti jenisnya). Coba dicheck dengan antivirus local.

Tanggapan 3 – Mahyarudin Dalimunthe

Pak Amri,

Banyak hal yang memungkinkan sehingga terjadi restart pada komputer bapak. kemungkinan yang sering terjadi:

1. kerusakan pada memory, hal ini terjadi apabila memory yang digunakan panas. pada awalnya, kerusakan pada memory berupa komputer yang sering restart, tapi lama kelamaan memory tersebut akan rusak.

2. Kartu VGA (VGA card) yang rusak. kerusakan yang terjadi pada vga berupa fan pada vga card yang mati sehingga mengakibatkan chipset vga panas. Pada akhirnya vga akan rusak.

3. Hardisk. hardisk yang sudah mulai rusak dapat dikenali dengan sering tidak terbaca dan restart yang tiba-tiba. ketika kondisi hardisk tidak terlalu panas, pada umumnya hardisk berfungsi sempurna. tapi ketika sudah panas maka komputer bisa restart tiba-tiba.

4. Power Supply. Apabila Pak Amri menggunak komputer CPU maka ada kemungkinan kerusakan pada kotak power supply pada CPU. Kerusakan pada kotak power supply bisa terjadi akibat arus listrik yang tidak stabil ataupun karena umur kotak power supply yang sudah tua. kalo kotak power supply sudah rusak harus segera diganti karena dapat menyebar ke komponen komputer yang lain.

Selain itu banyak kemungkinan lain sehingga komputer Pak Amri sering restart. apabila Pak Amri menggunakan komputer CPU (bukan laptop) maka Pak Amri bisa mengecek satu persatu komponen bapak dengan memanfaatkan komputer CPU yang masih sehat.

Semoga bisa membantu.

Tanggapan 4 – dicky ardiansyah

Ikutan nimbrung..

Awal nya kenapa ya Pak Amri, apakah komputer bapak kena virus?
Kalaupun kena virus, seharusnya setelah instal ulang berjalan normal ( dengan catatan instal ulang Win XP nya dengan cara format bukan repair ).

Tapi kalaupun setelah instal ulang masih restart sendiri, banyak kemungkinan dari segi hardware komputer Pak Amri. bisa dari Harddisk yang bad sector, bisa dari VGA computer yang tidak support/tidak sanggup dengan compability monitor dari screen refresh rate nya!

Sayang saya tidak bisa lihat situasi keadaan komputer nya Pak Amri.

Tanggapan 5 – nanda pangawitan

Dear Pak Amri

Hanya menambahkan

Kemungkinan lainnya…

1. Prosesor mudah Panas,
bisa dari kinerja heatsink nya menurun, sehingga panas dari prosesor tidak terkeluarkan dengan optimal, atau kalau komputernya sudah lama tidak dibersihkan bisa penyebabnya dari debu yang ada di heatsink dan prosesornya, penanganannya bisa dengan membongkar heatsink dan prosesor kemudian membersihkannya dan kemudian pasang kembali.

2. Virus,

Waktu jamannya virus brontok merajalela komputer saya sering restart, bisa kemungkinan komputer Pak Amri ‘terserang’ virus serupa.

Semoga membantu.

Tanggapan 6 – Otriandi

Dear rekan2,

Karena kita berada dalam forum milis Oil & Gas. Jadi sebaiknya mohon dengan kerendahan hati memberikan informasi atau pertanyaan yang berhubungan dengan dunia migas (energy) di tanah air dan worldwide demi kemajuan dan perkembangan Indonesia society. Kalau ada yang deviasi dari forum ini, mungkin bisa nimbrung milis tetangga yang lebih compatible atau via japri juga boleh. Terima kasih.

Tanggapan 7 – Jefri Nurhidayat

Nimbrung sedikit,

Dulu komputer saya juga punya masalah begitu. Ternyata kabel data dari mainboard ke hard-disk nya yang longgar (waktu itu masih belum model SATA). Mungkin hal-hal seperti ini bisa diperiksa juga di komputer Pak Amri.

Tanggapan 8 – farid adyanto

Dear All

Ciri-ciri komputer error di Random Acces Memory (RAM memory card):

-komputer mudah panas lalu hang

-tiba-tiba muncul tulisan di layar biru ‘memory dump’

-tulisan waktu masuk bios, acak-acakan

-indikator temperature di bios tidak sesuai, kacau

Ciri-ciri komputer error di Video Graphic Adaptor Card:

-Monitor flicker (kelap-kelip dari colour menjadi tidak colour:

-Tidak bisa disetting display desktop sesuai resolusi awal misal, seharusnya 16 bit, menjadi 640×840 (kalo gak salah)

Kalo komputer merk acer, harus diinstal dulu Acer Power Management, dia tidak bisa memakai settingan dari window..Bisa didownload di internet.

Yang jelas coba pakai RAM card nya komputer yang gak error-an, tp harus cocok dengan Base-nya.

Share This