Agak susah untuk masuk ke gmail account dibandingkan ke yahoo account. Beberapa petunjuk telah diberikan oleh gmail sendiri untuk diantaranya untuk menurunkan security setting juga untuk mencoba men-clear cache, keduanya ada di internet option menu. Tapi kadang -kadang ini tidak berhasil juga kalau ada semacam spam yang udah masuk ke sistem anda. Coba run spyware doctor, anti spam ini kadang bisa mendetect iesearch.url spam di sistem kita. Kalau spam ini sudah masuk ke sistem kita, selalu menyebabkan bouncing dari gmail account. Setelah kita hilangkan spam selanjutnya tidak ada masalah sama sekali.

Tanya – hadi muttaqien

Dear rekan milis MIGAS,

Tolong dong bila ada rekan yang tahu ; penyebab note book tidak bisa membuka atau sign-in ID di gmail.com. Apakah karena salah setting di mail look-up atau memang gmail.com sudah memblok e-mail ID kita?. Mungkin gak ya pemerintah USA dengan alasan Harbor Security act bisa memblok ID e-mail kita? karena pada pernyataan security data2 kita bisa di berikan atau dibuka oleh pemerinta Amerika Serikat dengan alasan act tersebut?

Tanggapan 1 – Aroon Pardede

Dear pak Hadi,

Seharusnya sih tidak ada masalah pak. Saya masih terus bisa membuka gmail di komputer saya. Tidak ada masalah. Mungkin bapak bisa memberikan keterangan lebih detail tentang ketidakberhasilan bapak mengakses gmail.com. Apakah bapak mengaksesnya dari web, atau email client program (outlook, outlook express, thunderbird). Bila mengakses menggunakan email client program, apakah bapak mengaksesnya menggunakan POP atau IMAP protocol?

Lalu, hal lain yang tak kalah penting, pastikan ISP tempat bapak melakukan koneksi tidak memblokir akses ke gmail.com (berdasarkan dari header email bapak, ISPnya adalah Indonesia Comnet plus). Sebab, setahu saya, ada administrator jaringan di perkantoran yang memang memblokir akses ke gmail.com.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Awaluddin Berwanto

Mas Hadi,

Saya pikir anda terlalu jauh berprasangka. Apakah ada alasan khusus yg menyebabkan alamat email Anda sampai diblok oleh pemerintah USA? Kalau di blok oleh kantor, mungkin lebih beralasan, karena sebagian kantor banyak yg keberatan karyawannya menghabiskan waktu untuk membaca dan menulis email. Kebetulan email saya juga memakai gmail.com, sampai hari ini saya tetap bisa membuka email dari PC kantor atau dari Laptop. Tidak ada masalah sama sekali.

Tanggapan 3 – Agni Kurniasari Nurhayati

Cuman sekedar share aja,,,

Beberapa hari ini memang susah untuk masuk lewat gmail,,, bahkan sering ga bisa banyak juga temen2 saya yang kesulitan untuk akses gmail,, bahkan untuk connect gtalk amat sangat lama dan sulit,,,

Tanggapan 4 – M H

Pak Hadi hal sama terjadi dengan saya, agak susah untuk masuk ke gmail account dibandingkan ke yahoo account. Beberapa petunjuk telah diberikan oleh gmail sendiri untuk diantaranya untuk menurunkan security setting juga untuk mencoba men-clear cache, keduanya ada di internet option menu. Tapi kadang -kadang ini tidak berhasil juga kalau ada semacam spam yang udah masuk ke sistem anda. Coba run spyware doctor, anti spam ini kadang bisa mendetect iesearch.url spam di sistem kita. Kalau spam ini sudah masuk ke sistem kita, selalu menyebabkan bouncing dari gmail account. Setelah kita hilangkan ini spam selanjutnya tidak ada masalah sama sekali…….

Tanggapan 5 – Sonny Dhamayana

P’ Hadi,

Hal yang sama saya alami sebulan lalu automatic updated dari microsoft untuk driver Internet Explorer terbaru.
Setelah updated completed, saya tidak bisa akses ke email saya di gmail.
Akhirnya saya downgrade lagi internet explorer saya ke versi semula.
Dan sampai saat ini saya tidak mengalami masalah lagi untuk akses email di gmail.

Tanggapan 6 – hadi muttaqien

Pak Sonny, Mh dan pak Aroon, dan rekan lainnya,

Terimakasih sharingnya, dikantor dengan PC kantor gmail.com bisa sign-in, notebook melalui telkomnet di rumah dan di luar belum bisa, kemungkinan perlu downgrade atau lainnya, yang telah gagal saya coba bila akses dengan internet explorer dan firefox.
Masih akan saya coba, kelihatannya problemnya di Notebook saya.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Mei 2008 ini dapat dilihat dalam file berikut: