PetroVietnam telah menyerahkan Foster Wheeler sebuah kontrak untuk konstruksi kilang minyak 200,000 b/d Nghi Son dan project petrochemical, yang efektif pada tanggal 18 Juli.

Penulis : Eric Watkins

PetroVietnam telah menyerahkan Foster Wheeler sebuah kontrak untuk konstruksi kilang minyak 200,000 b/d Nghi Son dan project petrochemical, yang efektif pada tanggal 18 Juli.

Berdasarkan kontrak, Foster Wheeler akan menyelesaikan konstruksi dalam 16 bulan dari kontrak hari ini yang mulai berlaku. Jadwal penyelesaian pada 2013, kilang minyak diharapkan akan memenuhi 60% permintaan dalam negeri Vietnam untuk gasoline dan produk lainnya.

Project Nghi Son akan mengimpor minyak dari Kuwait untuk memproduksi produk berkwalitas tinggi.

Penyerahan bertepatan dengan laporan bahwa PM Vietnam, Nguyen Tan Dung telah meminta kontraktor project kilang minyak Dung Quat di pusat provinsi Quang Ngai untuk mempercepat pembangunan untuk memastikan rencana yang dimulai pada Februari 2009.

Sambil mengunjungi tempat pembangunan pada 19 Juli, Dung mengingatkan lead contractor Technip dan subcontractorsnya dari datangnya musim banjir dan topan dan meminta mereka untuk keep a close eye kemajuan project.

Sementara itu, Vietnam National Petroleum Corp. (Petrolimex) saat ini telah menerima izin dari pusat provinsi Khanh Hoa untuk membangun kilang minyak senilai 4.5 milyar dolar di wilayah.

Menurut Chief Executive Petrolimex, Vu Ngoc Hai, plant akan memiliki kapasitas untuk menyuling minyak 10 juta ton/tahun.

Petrolimex telah memilih Sinopec sebagai partner untuk melakukan project, dan kedua pihak mengatakan telah berdiskusi mendirikan joint venture dan juga hak saham yang akan dimiliki oleh kedua party.

Petrolimex juga akan bekerjasama dengan PB Tankers Ltd. Singapura dan Petrolimex Insurance Joint Stock Co. (PIJSC) untuk membangun bonded warehouse pertama untuk petroleum.

Gudang adalah investasi dari Van Phong Warehouse Co. Ltd., joint venture Petrolimex, PIJSC, dan PB Tankers.

Pembangunan dalam fasilitas dimulai pada bulan Desember 2007 di Van Phong Economic Zone di distrik Ninh Hoa dari provinsi pusat Khanh Hoa.

Nguyen Van Que, direktur Van Phong Warehouse,mengatakan project memiliki dua tahap, dengan tahap pertama seharga 100 juta dolar lebih dari 18 bulan.

Gudang akan sanggup menampung 500,000 cu m petroleum di tahap 1 dan 500,000 cu m selanjutnya dalam penyelesaian Tahap 2. Tidak ada data yang diberikan untuk penyelesaian tahap kedua.

Van Que mengatakan gudang akan dilengkapi dengan ”tekhnologi ramah lingkungan terbaru dan akan dapat menangani tangki minyak 150,000-dwt”.

Sumber: www.ogj.com