Select Page

Dalam hal penyewaan PCP, hal-hal penting yang menjadi perhatian sebelum digunakan adalah bahwa setelah PCP di-install, tidak terjadi problem yang menyebabkan loss opportunity / loss time in production. Sehingga kita harus yakin benar bahwa PCP tersebut suitable dan reliable pada kondisi sumur kita. Adapun komponen dari PCP yg paling rentan terhadap kerusakan adalah elastomer/statornya. Elastomer tsb sangat dipengaruhi oleh aromatic content dari formation fluid. Rule of thumb nya tidak boleh lebih dari 13%-mol (versi supplier).

Tanya – defrinaldo@pertamina

Dear ALL..

Tanya tentang Progressive cavity pump (PCP). Dalam hal penyewaan PCP, hal-hal penting apa yang menjadi perhatian sebelum digunakan karena saat ini ada yang menawarkan sewa PCP yang cukup murah dari pasaran yang ada.

Demikian, terima kasih atas bantuan informasinya.

Tanggapan 1 – Dendy Wicaksana

Mas Defri,

Yg paling penting adalah bahwa setelah PCP di-install, tidak terjadi problem yg menyebabkan loss opportunity / loss time in production. Sehingga kita harus yakin benar bahwa PCP tersebut suitable dan reliable pada kondisi sumur kita.

Adapun komponen dari PCP yg paling rentan terhadap kerusakan adalah elastomer/stator nya. Elastomer tsb sangat dipengaruhi oleh aromatic content dari formation fluid. Rule of thumb nya tidak boleh lebih dari 13%-mol (versi supplier).

Namun kenyataannya, saya punya beberapa kali pengalaman, elastomer tsb swelling dan kemudian menjepit rotor, sehingga mengakibatkan rotor stuck (tdk bisa berputar) dan akhirnya terjadi rod parted at the weakest point di sucker rod string nya. Padahal formation fluid saya sudah di-sample, di-test dan dicarikan elastomer yg terbaik. Tapi ternyata tetap fail shg loss on production.

Selain elastomer, perlu disyaratkan agar menggunakan sucker rod yg high spec, misalnya grade D. Dan juga perlu ditambahkan surface instrument yg bisa shut down power bila torque nya melebihi capabilitas rod, shingga akan terhindar dari rod parted.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – ‘Muiz, Amrullah’

Selamat pagi pak Dendy..

Sepengetahuan saya saat ini elastomer bukan lagi problem utama PCP, karena saat ini di CANADA ELASTOMER telah diganti dengan S.Steel yang tahan gores dan tahan terhadap fluid proerties. Coba hubungi PT. CAKRAWALA MULIA email pcmjkta-dir@ ptpcm.co. id .Mrs. Asterid

Tanggapan 3 – Anton Ramli

Pak Muiz,

Memang saat ini telah dikembangkan PCP dengan metalic stator tapi sejauh ini belum bisa dimaksimalkan disamping itu harganya juga jauh lebih mahal. Problem utama dari metalic stator adalah stuck untuk samur yang kepasiran, karena clearence nya tetap sama dengan material elastomer untuk mengurangi sleepage dan lost head pressure.

Tanggapan 4 – Eko Prasetyo

Saya pernah baca kalo PCP terbatas di di kedalaman 3500 kaki dan produksi 1000 bfpd, apa itu benar, atau ada kah teknologi baru untuk PCP di depth 6000 feet dan rate 100 bfpd ?

Tanggapan 5 – Anton Ramli

Pak Eko,

Sekadar ingin menambahkan, dari artikel yang pernah saya baca aplikasi PCP di Boscan Field Venezuela, mereka telah install PCP untuk kedalaman 4500 – 7500 ft dengan average rate antara 150 – 1300 BFPD dan temperature 190 F.
Sementara untuk range PCP sendiri sekarang ini adalah : Production Rates:5000 bpd (max),Effective Depths: 8000 ft,Oil Gravity: 5 to 42 API, Temperatures: <= 300 F. Dan sekarang ini telah dikembangkan untuk sumur-sumur yang Directional dengan menambahkan Stationary rod guide (Spintrought) untuk memproteksi rod string dari kemungkinan wearing yang terjadi antara rod string dengan inside tubing.

Tanggapan 6 – Dendy Wicaksana

Pak Eko,

Kalau dari literatur supplier, PCP bisa hingga: 6,000 ft TVD; rate 4,500 BFPD; 250F; good for oil <35 API. Efisiensi nya cukup tinggi (40~70%), dan power yg dibutuhkan (hp) lebih kecil dibandingkan dengan ESP utk lifting jumlah fluid yg sama. Hal tsb merupakan keunggulan PCP.

Pengalaman saya sendiri, sebelum problem terjadi, rate tertinggi yg saya peroleh dan juga sesuai dgn influx dari sumur, sekitar 1,040 BFPD dengan power consumption hanya sekitar 20~25 hp.

Demikian infonya.

Share This