Buku yang bagus untuk mempelajari heat exchanger bisa DQ Kern yang berjudul Process Heat Transfer, bisa juga mempelajari dari Standard TEMA, API 660, API 661, dan API 662.

Tanya – Yohannes agustinus

Dear all member,

Buku apa yang bagus untuk mempelajari heat exchanger? benarkah kalau pertamina mempunyai saham 15% di setiap ladang minyak Indonesia?
terima kasih banyak.

Tanggapan 1 – Bambang Hadi Nugroho

Sepanjang pengetahuan saya, yang paling bagus untuk belajar heat exchanger itu bukunya DQ Kern yang berjudul Process Heat Transfer.

Tanggapan 2 – Budi yono

Pak Yohanes,

Bapak juga bisa pelajari dari Standard TEMA, API 660, API 661, dan API 662.

Tanggapan 3 – Adhia ‘James’ Utama

Agus,

1. Bisa juga dari Mechanical Engineers’ Handbook Bab 43 Heat Transfer Fundamental. Perry’s Chemical Engineers’ Handbook Bab 5 Heat and Mass Transfer. Yang lengkap ada di Surface Production Operations Volume 2 Bab 2 Heat Transfer Theory dan Bab 3 Herat Exchanger.

2. Tidak benar.

Tanggapan 4 – Aroon Pardede

Saya dulu pakai buku Process Heat Exchanger karangan Hewitt. Keluaran lebih baru (1994), dan sudah memuat tentang plate heat exchanger. di buku Kern masih hanya membahas tentang shell-and-tube heat exhanger (CMIIW).

Tanggapan 5 – Rizal@polyprima

Saya setuju dengan pendapat pak Aroon,
Buku Process Heat transfer, karangan G.F Hewitt, G.L Shires dan T.R Bott isinya lebih bagus, isinya dah cukup memuat info terbaru mengenai alat HE serta mudah dimengerti.
tapi setau saya ada juga buku Heat Exchanger handbook dengan pengarang yang sama Hewitt, kalo ada yang punya ebook nya boleh dong dishare ke saya. perkiraan saya buku ini sebagus buku Process heat transfer.
Atau kalo mau mendapat kan ebook Heat exchanger design handbook karangan T. kuppan, anda bisa search di google. cukup mudah mendapatkannya.

Tanggapan 6 – adhi budhiarto

Kalo mau belajar heat exchanger ya jelas Kern ‘Process Heat Transfer’ yang paling lengkap.
Kalo gak salah di regulasi pemerintah yang baru, PERTAMINA diberi kesempatan untuk menanamkan sahamnya sebesar 15% di semua ladang yang ditawarkan oleh pemerintah. Tentu sahamnya bukan saham kosongan. Tapi kalo PERTAMINA gak mau ya gak papa.

Tanggapan 7 – TRB

Belajar HE bisa menggunakan

1. Incropera, F.P, DeWitt David.P, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, John Wiley & Sons, New York ( bias di download di : http://download.yousendit.com/94FA2C0721FF92E2 (satu minggu ini sahaja)

2. J.P. Holman, Heat Transfer, 9th Edition, McGraw-Hill, (sy nda punya ebook ini. Kalau ada yg punya boleh di share)

Saya lampirkan juga powerpoint pemodelan effisiensi HE saya dan tulisan R. Shankar Subramanian http://download.yousendit.com/F6B8AB761234D373 (satu minggu ini sahaja)
Lumayan dekat setelah divalidasi dgn data lapangan. (kebetulan sy buat modeling untuk Petronas refinery Malaka).

Salam Sukses Selalu