Select Page

Untuk bisa menikmati jaringan 3.5 G / HSDPA pastinya lokasi kita musti berada dalam lingkup / coverage jaringan tersebut. Mengenai daerah mana saja yang sudah ter-cover, tergantung dari provider jaringan tersebut. Di Indonesia sudah cukup banyak provider yang sudah bermain di area 3.5 G, seperti Indosat, XL, Telkomsel. Untuk bisa akses 3.5G musti ada additional equipment juga, yaitu modem. Untuk ketiga providers yang saya sebut tersebut perlu modem GSM, karena untuk CDMA juga ada.

Was : gmail.com….di blok — Pakailah Firefox

Tanya – hadi muttaqien

Pak Budhi,

Koneksi dengan 3.5 G HSDPA itu perlu external equipment gak di notebook kita, harga dan harus menghubungi kemana untuk langganannya.

Tanggapan 1 – Indratmo Jaring Prasojo

Pak Hadi,

Untuk bisa menikmati jaringan 3.5 G / HSDPA pastinya lokasi kita musti berada dalam lingkup / coverage jaringan tersebut. Mengenai daerah mana saja yang sudah ter-cover, tergantung dari provider jaringan tersebut. Di Indonesia sudah cukup banyak provider yang sudah bermain di area 3.5 G, seperti Indosat, XL, Telkomsel. Untuk bisa akses 3.5G musti ada additional equipment juga, yaitu modem. Untuk ketiga providers yang saya sebut tersebut perlu modem GSM, karena untuk CDMA juga ada.

Mengenai harga dan spesifikasinya Bpk bisa langsung ke galeri-galeri provider tersebut, atau sering aja jalan2 ke mall2 biasanya banyak promo. Dengan menggunakan modem tersebut (bentuknya mirip flashdisk) kita bisa akses internet di mana saja. Kalaupun ngga dapat jaringan 3G, atau 3.5 G tetap bisa internetan, yaitu dengan GPRS tentunya dengan konsekuensi akan jauh lebih lambat ketimbang kalo kita ada di jaringan 3G atau 3.5 G.

Tanggapan 2 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Betul sekali Mas Indratmo. Saya menggunakan beberapa koneksi untuk jaringan seperti Dial-Up, ADSL, CDMA (koneksi PCMCIA) dan 3.5G (koneksi USB). Untuk 3.5G, saya berlangganan dengan CBN, XL dan IM2 (makanya kalau diperhatikan private email saya sekarang berdomain indosat.net.id).

Mengenai performance 3.5G, saya cukup puas karena proses upload maupun download bisa mencapai 1700 kbps (memang lebih rendah dari klaim ISP sih). Penggunaanya juga mudah, cukup colokkan ke USB dan modem akan memasang sendiri driver dan programnya secara otomatis.

Umumnya provider 3.5G menerapkan sistem volume based daripada time based. Di IM2 saya mengambil kuota 1.2GB. Jadi kalau buka yahoo atau gmail, bisa baca sambil santai, tidak perlu buru-buru. Karena kalau tidak ada transfer data, maka tidak ada charge ke ISP.

Kalau CDMA kecepatan yang saya dapat sekitar 100 kbps. Mengenai coverage 3.5G, kalau terjangkau dengan sinyal HP, yah bisa koneksi. Hanya koneksinya bisa saja drop menjadi GPRS. Tapi selama ini di area Bekasi dan Jakarta, saya selalu mendapatkan HDSPA & UMTS. Tidak pernah GPRS.

Tanggapan 3 – Manik bpenergi

Menambahkan dikit, yang punya domain @indosat.net.id , email bisa di down load di Microsoft Outlook dan dibaca secara offline, dengan Microsoft Outlook kita tidak perlu connect ke Internet untuk membaca email yang sudah kita download karena semua email yang kita download tersimpan di hardisc kita. caranya : di microsoft outlook klik Tools, klik e-mail account, di email account POP3 diisi pop.indosat.net.id, di SMTP diisi smtp.indosat.net.id
yang punya domain @yahoo.com atau @yahoo.co.id juga bisa didownload dengan microsoft outlook dengan fasilitas yahoo mail plus, tetapi bayar ke yahoo sekitar USD 19.99,- pertahun atau sekitar USD 2,- perbulan. dengan pakai microsoft outlook lumayan menghemat quota perbulan karena sekali saja kita download, pas baca ga perlu connect, dan email2 penting otomatis tersimpan di harddisc kita, inbox kita di provider tidak pernah full kalau kita rajin download karena setiap kali download, inbox yang di provider didownload ke harddisc komputer.
untuk koneksi 3.5G memang lagi trend sekarang karena kemudahannya mengakses internet dimana-mana, bahkan pengalaman pribadi, ditengah hutan masih bisa berinternet ria walaupun signalnya GPRS…..

Untuk masukan, dalam memilih eksternal modem, pilihlah yang bagusan dikit, agak mahal dikit gapapa yang penting signalnya kuat terus, teman ada yang beli modem bisa dibilang harga miring, tetapi setelah dipakai, signalnya seringan lemah, sama-sama duduk dimeja yang sama, signal yang didapat berbeda…

Tanggapan 4 – Indratmo Jaring Prasojo

Pak Manik,

Selama ini saya pake domain @telkom.net dan didownload juga menggunakan telkomnet instan. Permasalahannya, dari Telkom.net hanya menyediakan space 4MB, jadi kalo saya telat untuk download pasti akan terjadi overquota. Permasalahan kedua, untuk download-nya selama ini hanya bisa dilakukan menggunakan telkomnet instan. Kalo pake provider internet lain ngga bisa walaupun saya sudah coba-coba ganti POP3 dan SMTP-nya. Atau Pak Manik punya info bagaimana bisa men-download email @telkom.net menggunakan provider selain telkomnet instan?

Lalu @indosat.net.id itu free seperti Telkom.net atau musti bayar seperti yahoo?

Terimakasih infonya.

Tanggapan 5 – Aroon Pardede

Pak Indratmo,

Kalau boleh menyarankan, lebih baik bapak ‘pindah’ saja dari account telkom.net. Kapasitasnya kecil, dan aksesnya sulit (harus pakai telkomnet). Sebenarnya, kalau mau email yang bisa meng akses POP3 (yang menggunakan email client program seperti Outlook, Outlook Express, Thunderbird, eudora), bapak bisa menggunakan Gmail. Keunggulan gmail
(menurut pengalaman saya):

– kapasitas besar (sekarang kapasitas 6GB / account, dan terus bertambah)

– gratis

– gratis akses POP dan IMAP (yahoo mail tidak gratis)

– gratis autoforward (yahoo mail tidak gratis)

– tampilan web mail yang ‘bersih’, tanpa ada iklan banner (bandingin dengan yahoo mail yang nemplok iklan2 banner dimana-mana).

Tapi buat saya sendiri, yang paling saya sukai adalah fitur POP/IMAP akses. Dengan fitur ini, saya bisa mendownload email2 dari account saya, dan membacanya secara offline. Lebih nyantai, tidak diburu-buru. Dan, dengan kapasitas yang super jumbo, tidak perlu takut email account penuh, biarpun email tidak dibuka 1-2 minggu, kecuali bila tiap hari mendapat email berukuran jumbo (diatas 3 MB) dalam jumlah banyak, mungkin bisa penuh….

Demikian sharing saya sebagai ‘die hard’ fan dan user Gmail.com… hehehe….

Tanggapan 6 – Indratmo Jaring Prasojo

Pak Aroon,

Terimakasih atas infonya. Yup, betul sekali Pak, untuk email dengan @telkom.net hanya menyediakan kuota 4 MB. Pak Aroon cerita tentang Gmail, berarti ini mekanisme-nya mirip seperti Telkom.net ya Pak? Artinya email yang masuk ke Gmail kita bisa di-download ke Microsoft Outlook kita? Untuk bisa melakukan ini bisa pake semua provider internet kah Pak? (baik telkomnet instan, atau GSM).

Untuk bisa melakukan hal tersebut ‘incoming mail server’ dan ‘outgoing mail server (SMTP)’-nya diisi apa ya Pak? Terimakasih.

Tanggapan 7 – Carlin Herwit

Settingan POP3 gmail;

http://mail.google.com/support/bin/answer.py?answer=12103

Tanggapan 8 – Admin Migas

Email @indosat.net.id gratis diberikan kepada pelanggan Indosat.
Kapasitasnya 100 MB, dan bisa diakses sebagai web based email juga. Padahal saya langganan Centrin dan CBN cuma dikasih kuota 25 MB.

Utuk download @telkom.net, saya nggak tahu, coba tanyakan ke helpdesknya. Tapi seharusnya POP3 bisa didownload menggunakan provider apa saja. Hanya ketika mengirimkan email dengan SMTP, harus menggunakan provider ybs. Alasannya agar mail server tidak disalahgunakan oleh provider yang lainnya. Contohnya, POP3 saya di CBN dan Centrin, bisa saya download dengan koneksi IM2 atau XL. Begitu juga kalau saya menggunakan dial-up Centrin, download dari server CBN tetap bisa. Pas mau ngirim email saja, kita harus menggunakan provider yang sesuai.

Tapi sekarang CBN juga sudah memperbolehkan pengiriman email menggunakan provider yang lain.
Cuma setting mail client nya diubah ke htpps.

Tanggapan 9 – qopral

Ikut nambahin aja,

Di yahoo ada yang gratis, coba aja di yahoo Singapore (www.yahoo.com.sg) dan bisa di d/load pakai outlook (Microsoft outlook atau outlook express). Setting POP : pop.mail.yahoo.com.sg Setting SMTP: smtp.mail.yahoo.com.sg Kalau anda masuk ke option di account mail anda maka disitu ada procedure setingannya. Kapasitas juga lumayan (GB bukan MB), sampai sekarang masih gratis. Atau ada juga di yahoo jerman (www.yahoo.com.de).

Tapi masih lebih mantap pakai gmail (www.gmail.com)
Selamat mencoba

Share This