Select Page

Untuk pemasangan Gate Valve dengan posisi atau dalam kondisi tertentu (misalnya keterbatasan tempat) perlu memilih type konstrkusi Gate valve yang sesuai dan cocok agar Valve tersebut dapat digunakan secara maksimal. Type konstruksi dari Gate valve itu ada dua yaitu : – Inside Screw Stem, dimana posisi Handwheel serta Stem akan tetap pada dudukannya (tidak bergerak maju mundur) pada saat valve dibuka atau ditutup; – Outside Screw & Yoke, dimana posisi Stem akan bergerak naik / turun pada saat Valve dibuka atau di tutup namun posisi Handwheel tetap pada dudukanya.

Tanya – lukman hakim

Dear temen2 milister,

Saat ini saya sedang memasang gate valve 24′ tetapi masalahnya client kita maunya masangnya berdiri tegak (biasanya miring) adakah pengaruh dari posisi pemasangan valve tersebut? Adakah STD/CODE yang mengatur masalah tersebut? Saya sudah coba cari di ASME B16.34 dan API 598 cuman kok gak ada paragraf yang menarangkan tentang posisi pemasangan valve. Mohon bantuan dari para ahli2 yang menguasai valve. Thanks be4.

Tanggapan 1 – wintech

Rekan2 MIGAS,

Mau ikutan nih, sy juga sedang cari gate valve atau butterfly valve 8′ & 16′ SS food grade (kalo bisa yg ex-stock ato cepat delivery).
Mohon bantuan informasi suppliernya atau silahkan suppliernya kontak ke japri.
Tks banyak2.

Tanggapan 2- okto

Halo pak Lukman,

Sharing sedikit aja……..

Masalah valve positioning, menurut saya cukup penting misalnya sebelum di-install kita perlu mempertimbangkan clearance disekitar valve untuk kegunaan dan kemudahan operasi, maintenance dan repair di belakang hari.
Untuk orientasi gate dan globe valve, saya cenderung setuju dengan client anda untuk dipasang berdiri tegak pada horizontal line. Dgn stem tegak tersebut maka gland dan stem menahan moment lebih merata (khusus untuk valve-valve besar, valve small bore mungkin tidak terlalu berpengaruh), meskipun orientasi sampai 90 deg. masih benar (lebih dari 90 deg. tidak disarankan dgn pertimbangan akumulasi fluida dan kotoran di bonnet valve yang mempersulit operasional dan umur valve).
Efek sampingnya pemasangan valve tegak ini, mungkin posisi handwheel-nya jadi relatif lebih tinggi dan memerlukan operation platform untuk kenyamanan operasi dan maintenancenya.
Mungkin ada yang lain ingin menambahkan.

Tanggapan 3 – abdillah.rakhman@BruneiLNG

Ikut nyebur..

Sependek yg sy tau ga ada std yg mengatur tentang ini (kalo ada please share donk), tetapi lebih kepada logika sidesigner masing2. Dan yg sdh dijelaskan pak okto benar juga, tp menurut saya pengaruh moment dgn posisi miring tidaklah significant meskipun memang pasti ada. Pemasangan gate valve besar dgn posisi miring memang sering dijumpai (tdk melebihi 45 deg utk valve sebesar ini), tujuannya agar handwheel bisa lebih rendah n ga perlu operating platform sehingga memudahkan operation, tetapi tetap saja posisi yg terbaik adalah tegak. Untuk pa lukman, kalo ga salah tinggi handwheel gate vlv 24′ 2,5 meteran, jd kalopun pa lukman pasang miring max 45 deg tetap saja perlu dibuatkan operating platform min.500mm (ini hanya bayangan saya saja pa) karena saya ga tau kondisi sesungguhnya seperti apa disana.
Dan kalo bapak memasang posisinya tegak, tinggi operating yg diperlukan min 1mtr. Kan ga jauh beda tuh, jd menurut saya kalo memang memungkinkan pasang tegak saja pa..
Please koreksi kalo ada yg salah..

Tanggapan 4 – firli mustari

Dear Pak Lukman,

Sekedar ikut nimbrung aja,

Hanya ingin menambahkan saja untuk pemasangan Gate valve dengan posisi atau dalam kondisi tertentu (misalnya keterbatasan tempat) mungin pak Lukman perlu memilih type konstrkusi Gate valve yg sesuai dan cocok agar Valve tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Jika tidak salah type konstruksi dari Gate valve itu ada dua yaitu :

– Inside Screw Stem, dimana posisi Handwheel serta Stem akan tetap pada dudukannya (tidak bergerak maju mundur) pada saat valve dibuka atau ditutup.

– Outside Screw & Yoke, dimana posisi Stem akan bergerak naik / turun pada saat Valve dibuka atau di tutup namun posisi Handwheel tetap pada dudukanya.

Jadi menurut saya jika bapak tidak ingin menambah operating platform bapak dapat menggunakan Gate valve dengan konstruksi Inside screw stem, sebab bai handwheel maupun stemnya tidak akan bergerak maju mundur.
Terima kasih mudah2an bisa membantu…
Buat rekan2 yg lain mohon dikoreksi jika ada yg salah dalam tanggapan saya ini.

Share This