Select Page

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan di dalam penggunaan software, baik itu antara MS Project maupun Primavera (P3). Yang terpenting adalah bagaimana seseorang itu memahami prinsip-prinsip project control termasuk di dalamnya Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek. Software hanyalah alat bantu untuk mempercepat pekerjaan dan mengefisienkan pekerjaan. Saya sendiri selain menggunakan Primavera Project Planner (P3) juga pernah menggunakan Primavera Sure Trak, Time Line, Artemis maupun MS Project. Masalah software hanyalah masalah alat bantu saja. Yang terpenting adalah selalu belajar dan belajar tentang project control dan banyak ikut terjun di dalam project2. Karena dengan begitu, kita akan banyak experience/pengalaman (ingatlah kata pepatah ‘Experience is the best teacher’ dan ‘ Practice makes perfect’.

Tanya – Yusranil Fathi

Dear Bapak-bapak dan rekan-rekan migas,

Saya orang baru di dunia project engineering, saya mau tanya apa saja keunggulan Primavera dibandingkan MS Project, saya di kantor menggunakan Primavera version 3.1, versi berapakah yang terkini dan apa saja fiturnya yang berubah atau bertambah terhadap versi updatenya.
Terima kasih atas tanggapan Bapak-bapak dan rekan2 migas. Mohon maaf kalau topik ini sudah dibicarakan sebelumnya.

Tanggapan 1 – rifa ariefandi

Primavera 3.1 dari tampilan layoutnya lbh berwarna dibanding MS Project.
Primavera 3.1 bs mnampilkan S-Curve dan Histogram, sdgkan MS project hny histogramnya aja.

Untuk yang mrasa beginer dlm dunia planner, lbh baik mnggunakan MS Prjct, krn cr menginputnya mudah, dibanding Primavera 3.1.

Primavera sdh mncapai versi 8.0 sdangkan MS Project sdh mncapai versi taun 2007.
Untuk MS Project 2007, tampilan sdh brusaha mnyaingi Primavera, plus utk reportnya disediakan vitur visual report dan bisa mnghasilkan S-Curve.

Kesimpulan dari segi user, MS Project msh bisa familiar krn bs langsung terkoneksi dgn data2 d Office XP spt Excel..

Primavera sbnrnya jg familiar cm sdikit aga ribet cr menginputnya.

Mgkn bpk2 yg lain yg sdh expert bs mndeskripsikan lg perbedaan kedua software ini…

Tanggapan 2 – Irviantanto Hadiprasetyo

Perkenankan saya memberikan sedikit masukan dalam hal ini. Yang pertama, profesi saya adalah seorang Sr. Project Controls Engineer. Buat saya dan mungkin beberapa teman sejawat, pada prinsipnya tidak ada perbedaan di dalam penggunaan software, baik itu antara MS Project maupun Primavera (P3). Yang terpenting adalah bagaimana seseorang itu memahami prinsip-prinsip project control termasuk di dalamnya Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek. Software hanyalah alat bantu untuk mempercepat pekerjaan dan mengefisienkan pekerjaan. Saya sendiri selain menggunakan Primavera Project Planner (P3) juga pernah menggunakan Primavera Sure Trak, Time Line, Artemis maupun MS Project. Masalah software hanyalah masalah alat bantu saja. Yang terpenting adalah selalu belajar dan belajar tentang project control dan banyak ikut terjun di dalam project2. Karena dengan begitu, kita akan banyak experience/pengalaman (ingatlah kata pepatah ‘Experience is the best teacher’ dan ‘ Practice makes perfect’.
Saya rasa begitu pendapat saya. Dan Salam Project Controls. O,ya kebetulan saya punya milis untuk project controls. Siapa yang berminat bisa mendaftar via Japri saja. Terima kasih.

Tanggapan 3 – Milis

Pak Yusranil Fathi, saya sangat setuju dengan Pak Irviantanto Hadiprasetyo bahwa: ‘Yang terpenting adalah bagaimana seseorang itu memahami prinsip-prinsip project control termasuk di dalamnya Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek. Software hanyalah alat bantu untuk mempercepat pekerjaan dan mengefisienkan pekerjaan’.

Saya sendiri tidak miliki pengalaman dalam menggunakan Primavera. Namun berikut sekedar sharing saja bagi Pak Yusranil, beberapa informasi yang berkaitan dengan solusi Microsoft EPM yang dapat Anda simak pada halaman-halaman berikut ini:

http://office.microsoft.com/en-us/project/default.aspx?ofcresset=1

http://office.microsoft.com/en-us/project/HA101656381033.aspx

http://office.microsoft.com/en-us/epmsolution/FX101935291033.aspx

http://www.epmconnect.com/Pages/home.aspx

Menurut hemat saya, dalam banyak hal (tidak terbatas pada Project Management) sebuah tool tidak akan terlalu bermanfaat bila dalam penggunaan-nya sehari-hari tool tersebut justru mengkonsumsi waktu pengguna-nya dalam mempelajari cara penggunaan tool tersebut.

Bukan promosi, barangkali kemampuan Microsoft Project dalam berintegrasi dengan aplikasi-aplikasi perkantoran seperti email client software seperti Outlook, dan/atau aplikasi perkantoran lainnya seperti Word, Excel, dll, maka tentu-nya tool tersebut akan dapat lebih mudah untuk digunakan. Atau, kalaupun diperlukan proses belajar, maka harusnya sih waktu yang diperlukan untuk mempelajari tool tersebut tidak terlalu sulit. Karena tool tersebut sudah terintegrasi dengan baik dengan aplikasi/software yang biasa kita gunakan sehari-hari dalam bekerja.

Demikian Pak. Mohon maaf bila tidak berkenan dan semoga bermanfaat.

Share This