Select Page

Pada prinsip-nya vertical pump dan beberapa pompa bisa dipasang horizontal hanya harus dilihat duty-nya dan ketahanan shaft pasti jauh lebih baik yg mmg di desain untuk horizontal type. Karena Bearing dan struktur gaya-gaya yang bekerj dipergunakan untuk dua kondisi yang memang berbeda.

Tanya – Ira Setiowati@tripatra

Dear Milister,

Mau tanya nih sama pakar2 pompa. Baru saja bos saya yg bule cerita kalau dia pernah pasang vertical can pump tapi posisinya horizontal di atas tanah. Katanya sih dia pasang waktu di Gulf. Apa bapak/ibu ada yang pernah lihat atau pengalaman dengan hal tersebut? Saya masih agak gak percaya sih kalau vertical can pump bisa di pasang horizontal. Hal ini cuma buat menyiasati supaya kita tidak perlu bikin pit, karena kondisi site yang kita punya tanah rawa. Pump dutynya untuk shipping pump. Tolong pencerahannya ya. Terimakasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – fatkur2000

Pada prinsip-nya vertical pump dan beberapa pompa bisa dipasang demikian cuma musti dilihat duty-nya dan ketahanan shaft pasti jauh lebih baik yg mmg di desain untuk horizontal type. Karena Bearing dan struktur gaya-gaya yang bekerj dipergunakan untuk dua kondisi yang memang berbeda.

Bore-hole macam grundfos (sumur dalam) bisa dipasang horizontal, tapi kalau vertical can pump sy belum dengar, bisa tanya ke ‘pak chris wedding’ Jebsen Jessen Technology di Jakarta(6221)-27537017

Tanggapan 2 – Ira Setiowati@tripatra

Terima kasih pak infonya. Nanti saya coba hubungi pak Chris.

Tanggapan 3 – Ginting Simeon

Saya juga ragu kalau CAN Pump bisa dipasang horizontal. Kalau Deep Well Pump dan yang sejenis memang bisa dipasang horizontal karena memakai motor yang waterproof. Bagaimana dengan CAN Pump yang CAN nya harus terendam liquid sementara motor penggerak yang di pakai biasanya bukan waterproof.

Tanggapan 4 – Erwin (Jakarta)@WorleyParsons

Kayak nya Vertical Pump ..mau di pasang Horizontal ato Vertical. bermasalah di bearing nya dech….jadi bukan urusan waterproof.

Tanggapan 5 – Ilham B Santoso

Menambahkan sedikit. Desain vertical pump dan horizontal pump tentu sangat berbeda, sehingga secara umum menurut saya tidak mungkin untuk saling ditukarkan cara pemasangannya tanpa melalui modifikasi. Sebagai contoh, seperti yang disampaikan P Erwin, desain bearing tentu sangat berbeda. Pada pompa vertikal thrust bearing selain untuk menahan gaya aksial akibat hydrodinamik pemompaan tetapi juga untuk menahan berat pompa dan driver nya. Hal ini tentu sangat berbeda dengan pompa horizontal yang berat pompa dan beban dinamik radial lainnya akan ditumpu oleh bearing radial, sedangan thrust bearing hanya menahan gaya hidrodinamik pemompaan. Belum lagi masalah desain seal dan lain-lain. Kalau hanya masalah impeler pompa nya saja, tidak banyak berpengaruh dipasang vertikal ataupun horizontal.

Tanggapan 6 – Ginting Simeon

Maksud saya gini lho…

Selain bermasalah dengan bearingnya pompa, tentunya motor penggeraknya juga bermasalah. Karena shaft pompa dan motor adalah inline maka apabila pompa dipasang secara horizontal tentunya motornya juga akan terpasang horizontal.

Share This