%LEL dari tiap Flammable/Combustible Fluida itu berbeda. Perlu tahu terlebih dahulu Properties dari Fluida yang di-handling Wellhead tsb. Lebih amannya ambilah referensi %LEL yg terendah dari di (komposisi) Fluida tsb. Setelah diketahui Komposisi Fluida-nya, bisa browse %LEL di Internet atau Literatur lain. [misalnya dari Material Safety Data Sheet (MSDS)].

Tanya – Yenita Kusumaningtias

Dear rekan2..

Mau nanya standart Lower Explosive Limit (LEL) yang ter-detect oleh gas detector, bila kita mau mengerjakan welding (penggantian wellhead dan memerlukan proses welding untuk memotong dan menyambung casing di atas old well, di ruangan terbuka). Mohon masukannya, dan mungkin ada informasi standart yang dipakai dunia international.
Terimakasih masukannya,

Tanggapan 1 – Akh. Munawir

Mbak Yenita,

%LEL dari tiap Flammable/Combustible Fluida itu berbeda. Anda perlu tau terlebih dahulu Properties dari Fluida yg di-handling Wellhead tsb. Lebih amannya ambilah referensi %LEL yg terendah dari di (komposisi) Fluida tsb.

Setelah diketahui Komposisi Fluida-nya, anda bisa browse %LEL di Internet atau Literatur lain. [misalnya dari Material Safety Data Sheet (MSDS)].

Tanggapan 2 – Punjung Sasmito

Sekadar sharing,

Untuk data % LEL (LFL ataupun UFL) bisa dilihat di GPSA handbook figure 23-2 di table tersebut ada % volume LFL untuk tiap2 HC maupun gas2 lainnya.

Tanggapan 3 – Panic Day

Dear All,

Setahu saya,

Yang berbeda dari masing-masing fluida adalah nilai LEL nya,
Sedangkan untuk %LEL adalah standar untuk menentukan kepekaan equipment (gas detector).

Biasanya, dibanyak referensi standar yang saya lihat, saya menemukan bahwa untuk LLG (low level gas) nilai dari gas detector adalah sekitar 20% LEL HLG (high level gas) nilai dari gas detector adalah sekitar 50 – 65 %LEL

Dan saya rasa, untuk standard yang mbak yenita maksud tidak berbeda jauh.

Tanggapan 4 – BKC1037@cc.m-kagaku.co.jp

Dear Pak FDH (?)

Saya sepemahaman dengan Pak FDH, bahwa angka yang tertera di Flamable Gas Detector biasanya 0-100%LEL, yang artinya adalah bahwa ketika angka-nya mencapai 100, itu berarti konsentrasi flamable gasnya mencapai nilai LEL-nya.
Nilai LEL-nya itu sendiri tentu tergantung jenis gasnya.

Misalnya gas methane LELnya adalah 5.3% (source: Chemical Process Safety, Daniel A.Crowl).
Maka ketika gas detector menunjukkan angka 100%LEL, itu berarti konsentrasinya mencapai kira-kira 5.3%.

Hanya, saya kurang faham mengenai adanya batasan maksimum %LEL yang dibolehkan untuk melakukan hot-work. Kebiasaan di tempat kami, tidak boleh ada angka sedikitpun di gas detector. (artinya tidak boleh ada flamable gas sama sekali) di lingkungan di mana hot-work akan dilakukan, walaupun masih di bawah LEL-nya.

Kalau bisa mohon bantuan, diberitahu dari mana referensi mengenai statement di bawah ini:

LLG (low level gas) nilai dari gas detector adalah sekitar 20% LEL

HLG (high level gas) nilai dari gas detector adalah sekitar 50 – 65 %LEL

Angka tersebut saya fikir berguna untuk setting alarm di flamable online gas detector.

Pembahasan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan Bulan Juni 2008 dapat dilihat dalam file berikut: