Bermain batubara memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi dan pengetahuan dalam berbagai hal termasuk hubungan di masyarakatnya. Hal seperti ini tidak bisa dipelajari dalam waktu sebentar tapi memerlukan divisi khusus yang memerlukan pengalaman diberbagai bidang. Namun singkatnya perlu beberapa hal yang perlu diketahui dari awal.

Tanya – Wahyu

Dear All,

Saya member baru di Millis ini,

Perusahaan tempat saya bekerja akan Ekspor batubara dari Kaltim ke China (sudah ada permintaan).

Mohon info mengenai seluk beluk ekspor batubara, prosedur, perijinan dari Dept terkait dan masalah shipment nya (freight) dan Handling.

Terimakasih,

Tanggapan 1 – Wahyu

Dear Rekan rekan Milist,

Perusahaan tempat saya bekerja bergerak dalam bidang tekstil yang banyak menggunakan batubara.

Perusahaan kami mempunyai cabang di China yang sedang menjajaki impor batubara dari Indonesia. sudah ada rencana kebutuhan 20.000 ton – 40.000 ton.

Perusahaan menugaskan saya untuk mempelajari, perijinan/prosedur/tehnik ekspor di lapangan/shipping/cost, dan lain lain untuk proyek ini, dan jika berhasil akan menjadi proyek rutin.

Sampai dengan saat ini saya sedang mencari informasi barang/penambang dan shipping line nya.

Sudah ada yang menawarkan di Kalimantan Timur Kalori 5500 sebanyak 20.000 ton.

Data yang ada saat ini:

POL: BCT/IBT

POD: CNZJG

Mungkin ada rekan rekan yang bersedia bantu, mohon pencerahannya

Tanggapan 1 – Barman Tambunan

Yth Pak Wahyu,

Bermain batubara memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi dan pengetahuan dalam berbagai hal termasuk hubungan di masyarakatnya. Menurut saya hal seperti ini tidak bisa dipelajari dalam waktu sebentar tapi memerlukan divisi khusus yang memerlukan pengalaman diberbagai bidang. Namun singkatnya perlu beberapa hal yang anda ketahui dari awal.

1. surveyer

2. geologi

3. teknik penambangan

4. benefisiasi plant

5. stock pile

6. transportation (dump truck, tongkang, MV)

7. jetty

8. legalitas

9. certificate of analysis (COA)

10. blending

11. urusan lain terkait dengan penalty harus benar benar diperhatikan

Masing – masing hal diatas akan diperjelas lebih detail sesuai dengan kebutuhannya.

Tanggapan 2 – ndut aja

Pak Wahyu

Bapak bisa hubungi PT. Artha daya coalindo
Dengan Bpk. Rozano Hp. 0818913914
Tlp. 520 3725

semoga bisa membatu

Tanggapan 3 – Agus Setiawan Wahyu Wibowo

Dear Pak Wahyu,

Betul sekali yang dipaparkan Pak Barman dibawah ini.

Di bagian Sales Marketingnya juga harus sudah mulai dipikirkan.

Seperti:

– Kontrak Jual Beli

– Proses Pembayaran (T/T atau LC atau mungkin Cash in Advance), dll

Tanggapan 4 – Wahyu

Dear Pak Barman & Pak Agus

Terimakasih atas masukannya pak, gak salah masuk millist ini, ternyata banyak para pakarnya.

Sebetulnya ekspor batubara itu untuk kebutuhan salah satu pabrik kita yang berada di China, kurang lebih untuk shipment pertama 20 ribu s/d 40 ribu ton kal 5500, karena di sana sedang kesulitan mencari batubara.

Pimpinan saya memberikan tugas untuk mencari/membeli batubara di Indonesa dan mempelajari apakah mungkin kita bisa ekspor batubara tersebut kesana, dari segi prosedur/perijinan, shipment, cost serta seluk beluknya.

Bagi rekan rekan yang mempunyai pengalaman dibidang ini, mohon pencerahannya.

Tanggapan 5 – Barman Tambunan

Pak Wahyu,

Biasanya pengiriman menggunakan MV (mother vessel) dengan kapasitas 40 rb MT. Kalau nggak sayang nanti kapalnya kosong. untuk MV yang sulit adalah menentukan skedul kita untuk loading terutama dalam mendapatkan tongkang yang akan hilirmudik bawa btbr kita. Sebenarnya memang pembeli utama kita adalah china dan mereka memang paling berminat dengan batubara kita. Hanya pastikan bagaimana proses penjualan bisa dilaksanakan. Disini faktir skedul menjadi sangat penting. karena kapan bisa loading dan kapan tongkang harus tersedia dan kondisi jetty harus benar benar di rencanakan dengan baik.

Pemain batubara sekarang biasanya minta sistem pembayaran 50%-40%-10% dimana terakhir adalah lepas tali. atau pakai sistem SKBDN namun kita harus siap-siap dengan modal didedepan alias harus ada investornya. Atau kalau di sumatra kita biasanya bermain dengan ada uang ada barang jadi sistem cash. ini semua musti ditentukan semua didepan tergantung kemampuan perusahaan.

Terakhir sekedar masukan pastikan spec batubara yang diinginkan buyer memenuhi persyaratan COA (certificate iof analysis). yang penting disini misalnya TM. Karakter btbr di kaltim agak berbeda dengan karakter di sumatra (misalnya TM rata rata di kaltim lebih tinggi untuk kaliri yang sama). Ok semoga bermanfaat.