Untuk temperature FeedWater Boiler pada idealnya semakin tinggi semakin baik tentunya ini akan menaikkan effisiensi boiler dengan mereduce pemakaian bahan bakar. Jadi ada baiknya menghitung dulu berapa temperature yang diinginkan dan pressure pada feedwater setelah itu tentukan enthalpinya dengan melihat pada tabel thermodinamik. Jika sudah ditentukan semuanya barulah hitung berapa transfer heat dengan menentukan jenis heat exchanger pada economizer agar dihasilkan temperature maksimal yang bisa dihasilkan oleh feedwater yang diinginkan dengan tidak melupakan sisa temperature untuk gas buang agar sulfur atau sisa gas buang tidak meyebabkan korosif pada ducting.

Tanya – rahmat ardiansyah

Dengan hormat,

Saya mau minta masukan dari teman-teman tentang temperatur minimum untuk Feed Water Boiler dengan menggunakan economizer. Kondisi operasi adalah sebagai berikut:

1. Bahan bakar biomass, dengan kandungan sulfur 0.12 s/d 0.17%

2. Temperatur gas buang di economizer 300 s/d 350 degree celcius

3. Boiler tidak beroperasi 24 jam.

Demikian, mohon bantuannya.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – adhi budhiarto

Mas Suparno, setahu saya tidak ada batasan minimum temperature untuk Boiler Feed Water/BFW. Yang lebih penting diperhatikan adalah kualitas dari BFW, apakah sudah dilakukan external/internal treatment. Temperature BFW biasanya tergantung dari proses sebelumnya seperti deaerator. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah temperatur gas buang di economizer, harus di atas dew point temperature-nya, jangan sampe sulfur-nya condense yang bakal jadi biang korosi di economizer.

Tanggapan 2 – Baso Murdin

Pak Suparno,

Untuk temperature FeedWater Boiler pada idealnya semakin tinggi semakin baik tentunya ini akan menaikkan effisiensi boiler bapak dengan mereduce pemakaian bahan bakar. Jadi ada baiknya bapak menghitung dulu berapa temperature yang diinginkan dan pressure pada feedwater setelah itu tentukan enthalpinya dengan melihat pada tabel thermodinamik. Jika sudah ditentukan semuanya barulah hitung berapa transfer heat dengan menentukan jenis heat exchanger pada economizer agar dihasilkan temperature maksimal yang bisa dihasilkan oleh feedwater yang diinginkan dengan tidak melupakan sisa temperature untuk gas buang agar sulfur atau sisa gas buang tidak meyebabkan korosif pada ducting.
Sekian semoga membantu.