Select Page

Tidak ada hubungan antara TIR dan unbalance grade. Yang ada adalah batasan maximum TIR untuk pengukuran unbalance atau getaran.

Tanya – Endri Prasetyo

Mohon pencerahannya mengenai hubungan antara TIR (total indicated run out) dengan tingkat ketakseimbangan (unblance grade) untuk rotating equipment.
Dari beberapa data yang ada menunjukkan bahwa equipment yang mempunyai TIR lebih besar, tidak serta merta mempunyai ketakseimbangan yang besar pula (linier).
Mohon sharing dari rekans yang berkecimpung di area rotating equipment atau kalau ada literatur.

Tanggapan 1 – Ilham B Santoso

Ketidakseimbangan poros bisa diukur dengan menggunakan beberapa macam sensor. Mulai dari sensor gaya yang mengukur gaya eksitasi unbalance atau sensor lain yang mengukur getaran shaft akibat eksitasi gaya unbalance dengan mengunakan sensor seperti sensor percepatan, kecepatan atau sensor displacement (edy current probe, bentley probe, proximity). Khusus untuk sensor displacement karena pengukuran berdasarkan perubahan jarak antara permukaan poros dengan probe, maka kebulatan poros (mechaninal TIR), kehalusan permukaan poros dan electrical TIR sangat mempengaruhi hasil pembacaan getaran poros. Apabila TIR nya besar, maka walaupun poros sudah seimbang maka akan terlihat seakan-akan getaran poros dalam 1X rpm frekuensi masih cukup besar. Oleh karena itu slow roll compensation pada pembacaan getaran dengan proximity/sensor perpindahan sangat beruna untuk melihat getaran yang sebenarnya terjadi pada poros.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Endri Prasetyo

Pak Ilham,

Maksud pertanyaan saya adalah apakah ada suatu chart atau ketetapan yang
menyatakan tentang TIR dan Unbalance grade.

Tanggapan 3 – Ilham B Santoso

Saya belum pernah menemukan chart tersebut, dan menurut pemahaman saya tidak ada hubungan antara TIR dan unbalance grade. Yang ada adalah batasan maximum TIR untuk pengukuran unbalance atau getaran, seperti yang saya sampaikan pada email sebelumnya.

Mungkin rekan2..lain ada yang menemukan.

Tanggapan 4 – teuku adamsyah

Pak Endri, sama seperti yang Pak Ilham katakan, saya belum pernah lihat korelasi antara TIR dan Unbalance Grade.

Tapi kalo untuk Unbalance Grades sendiri mungkin bisa dilihat di Balance Quality Grades ISO 1940, juga ada chart Vibration Balance Grades ISO 10816-1.

Itu bisa dilihat di page 75 -77 ‘Engineer’s Guide To Rotating Equipment’, (dulu saya udah pernah kirim softcopynya ke milis), jadi silahkan di download dan semoga bermanfaat.

Share This