Tahap2 yang dijalani dalam menyelesaikan tugas akhir akan sangat berguna dalam pelaksanaan kerja. Dalam interview pekerjaan, biasanya akan ditanyakan sedikit mengenai tugas akhir. Apa yang didapat dari tugas akhir tsb, proses2 yang dilakukan, dsb. Namun yang diinginkan oleh interviewer adalah kemampuan untuk berkomunikasi, mempertahankan pendapat, kegigihan/kinerja dalam melaksanakan kerja (Tugas akhir). Akan tetapi jika pekerjaan yang dilamar, sangat berkaitan erat dengan tugas akhir, ini adalah ‘suatu nilai plus’. Bisa dinilai mempunyai sedikit pengalaman, walaupun hanya sekelumit saja. Itulah kelebihan yang dapat ditonjolkan daripada pelamar lain yang tidak punya pengalaman dalam hal pekerjaan.

Tanya – uya bluemodjo

Dear milister yang terhormat….

Perkenalkan nama Surya Y. Saya seorang mahasiswa yang akan mengambil Tugas Akhir / Skripsi.
Ada beberapa bidang studi yang dapat dibuat sebagai bahan untuk TA di Jurusan saya. Yang mau saya tanyakan, apa ada kaitan antara Tugas Akhir yang dikerjakan dengan lamaran kerja kelak? Apa mungkin nanti ketika saya mau nglamar kerjaan trus ditanyai tentang TA yang saya kerjakan?

Mungkin bapak-bapak di HRD atau mas2 yang pernah nglamar kerjaan bisa sharing..

Terima kasih sebelumnya…

Tanggapan 1 – endra setiawan

Menanggapi pertanyaan saudara uya, jawabannya adalah benar. Sebagian besar untuk jobseeker yang telah mencapai tahap interview nantinya akan ditanyai mengenai Tugas Akhirnya, apalagi jika melamar pada posisi yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang dipelajarinya. Jadi persiapkan tugas akhir tersebut dengan sebaik-baiknya, karena itu adalah hasil anda belajar 4 tahun di bangku kuliah,,,Sukses ya

Tanggapan 2 – andirahmatyani rahmat

Dear Uya,

Bedasarkan pengalaman saya, Tugas akhir dengan lamaran kerja ga harus berhubungan..

Namun dengan tugas akhir akan sangat membantu mengetahui ilmu yang digunakan untuk pekerjaan yang ingin dicapai.

Berdasarkan perkiraan saya, hampir 80% tugas akhir ga di pakai dalam pekerjaan yang ditempati seseorang.

Tapi, tahap2 yang dijalani dalam menyelesaikan tugas akhir akan sangat berguna dalam pelaksanaan kerja.

Dalam interview pekerjaan, biasanya akan ditanyakan sedikit mengenai tugas akhir. Apa yang didapat dari tugas akhir tsb, proses2 yang dilakukan, dsb. Namun yang diinginkan oleh interviewer adalah kemampuan untuk berkomunikasi, mempertahankan pendapat, kegigihan/kinerja dalam melaksanakan kerja (Tugas akhir).

Akan tetapi jika pekerjaan yang dilamar, sangat berkaitan erat dengan tugas akhir, ini adalah ‘suatu nilai plus’. Bisa dinilai mempunyai sedikit pengalaman, walaupun hanya sekelumit saja.

Itulah kelebihan yang dapat ditonjolkan daripada pelamar lain yang tidak punya pengalaman dalam hal pekerjaan.

Saran saya jangan terlalu rumit2 memikirkan judulnya, ambil yang sederhana saja, mudah mencari bahan & nara sumber, kalau perlu dapat diaplikasikan langsung dilapangan.

Jika memilih yang bersifat teoritik, yach… bersiap2lah menjadi peneliti (Dosen), supaya ilmunya berguna.

Karena di lapangan lebih banyak dipakai ilmu yang aplikatif.