Dengan meningkatnya kesadaran banyak perusahaan terhadap pentingnya coating dalam menanggulangi korosi, semestinya kebutuhannya banyak, walaupun sekarang kenyataannya baru segelintir saja perusahaan besar yang punya posisi coating engineer. Sebaiknya anda punya dasar yang cukup (certified) sebelum masuk ke bidang ini, karena engineer juga berperan menentukan spesifikasi dan inspection methodnya.

Tanya – sutrisno

Dear milister,

Mohon pencerahannya tentang prospek menjadi Coating Engineer, Kira2 seberapa besar kebutuhan di indonesia akan tenaga coating engineer.
Sebagai informasi saja, saat ini saat bekerja di manufacturing.
Saya berkeinginan untuk kursus coating inspection.
Sebelumnya terima kasih banyak,

Tanggapan – Mahatrisna

Cak Sutrisno,

Urun pendapat, menurut saya untuk posisi coating engineer di Indonesia masih segelintir saja (lebih banyak coating inspectornya). Hasil pengamatan saya mungkin karena faktor efisiensi dan lain2, sehingga inspector juga sering dituntut merangkap pekerjaan2 engineering.

Pendapat saya pribadi, dengan meningkatnya kesadaran banyak perusahaan terhadap pentingnya coating dalam menanggulangi korosi, semestinya kebutuhannya banyak, walaupun sekarang kenyataannya baru segelintir saja perusahaan besar yang punya posisi coating engineer. Kalo di Batam mungkin hanya McDermott saja yang pakai coating engineer, itupun sudah dipangkas dari 7 jadi 4 orang saja.

Ya, sebaiknya anda punya dasar yang cukup (certified) sebelum masuk ke bidang ini, karena engineer juga berperan menentukan spesifikasi dan inspection methodnya.