CP reading adalah salah satu bagian saja dari paket general visual inspection (gvi) suatu pipeline. Komponen yang lainnya adalah visualisasi secara umum, fixing lokasi, mencari anomali, dst. Maka spread yang dibutuhkan adalah diving atau ROV beserta kapalnya. Biaya yang dibutuhkan pun akan didominasi oleh kapal ini, besarannya tentunya tergantung dari kapal apa yang dimobilisasi.

Tanya – Andy Suhendro

Bapak – Bapak,

Saya butuh informasi tentang perusahaan2 yg bisa Monitoring Cathodic Protection untuk Offshore pipeline.
Pipeline kami adalah 10′ offshore, panjang 20 km dg kedalaman dari permukaan air rata-rata 20 m. Saat ini kami memakai sacrificial alumunium anodes, bracelet. Kira2 berapa biaya yg dibutuhkan untuk ini ?? Scope of work pekerjaan ini apa saja ?? Terima Kasih,

Tanggapan 1 – Eri Triharso

Pak Andy,

Kami spesialist di Bidang Coorosion engineering , Cathodic System , and Pipeline Integrity. Bapak Bisa melihat detail di web kami: www. corrpro.co.id atau menghubungi Pak Yul Amri.

InsyaAlloh kami aku membantu Bapak, secepatnya.
Terima kasih.

Tanggapan 2 – asuyant

Pak Andy,

Biasanya CP reading adalah salah satu bagian saja dari paket general visual inspection (gvi) suatu pipeline. Komponen yang lainnya adalah visualisasi secara umum, fixing lokasi, mencari anomali, dst.
Maka spread yang dibutuhkan adalah diving atau ROV beserta kapalnya. Biaya yang dibutuhkan pun akan didominasi oleh kapal ini, besarannya tentunya tergantung dari kapal apa yang dimobilisasi.
Perusahaan yang melakukan pun adalah pengoperasi ROV atau diving dengan disupervisi oleh CP engineer tentunya. Karena kelas perusahaan ini bermacam-macam, maka biaya yang dibutuhkannya juga bervariasi.
Jadi yang harus bapak tentukan: scope yang diinginkan dan dengan spread seperti apa.

Mudah-mudahan berguna.