File attachment dengan code .Z02 adalah kompresan ZIP yang displit. Jadi, kalau file ZIP di split (untuk memudahkan transport via email, atau via disket), maka nama filenya akan menjadi (contoh.zip; contoh.z01, contoh.z02, contoh.z03…,dst). Untuk me-decompress nya, kumpulkan seluruh file split tersebut dalam satu folder (sebenarnya tidak harus, tapi nanti pada waktu proses de-compress akan repot karena harus menunjuk ke beberapa folder berbeda). Jadi, keseluruhan filenya harus ada, terutama yang ber ekstension ZIP. Barulah bisa di de-compress.

Tanya – Agus Umaryasin

Dear all,

Saya baru dapat file attachment dengan code .Z02 sepertinya itu compresson file, apakah ada diantara bapak2 & ibu yang bisa kasih info software apa yg dapat membukanya?

Terima kasih sebelumya.

Tanggapan 1 – Yulianus Ladung

Pak Agus,

Untuk list file extension, dapat menggunakan link berikut:

http://filext.com/alphalist.php?extstart=%5EZ dan .Z02 ini linknya

http://filext.com/file-extension/Z02. Demikian dan semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Aroon Pardede a

Dear pak Agus,

Itu kompresan ZIP, yang displit, pak. Jadi, kalau file ZIP di split (untuk memudahkan transport via email, atau via disket), maka namafilenya akan menjadi (contoh.zip; contoh.z01, contoh.z02, contoh.z03…,dst).

Nah… untuk me-decompress nya, bapak kumpulkan seluruh file split tersebut dalam satu folder (sebenarnya tidak harus, tapi nanti pada waktu proses de-compress akan repot karena harus menunjuk ke beberapa folder berbeda). Jadi, keseluruhan filenya harus ada, terutama yang ber ekstension ZIP. Barulah bisa di de-compress.

Nampaknya bapak hanya mendapatkan file ke-3 dari keseluruhan file tersebut. Bapak harus menemukan ZIP nya dan sisa2 split lainnya supaya bisa di decompress.

Semoga membantu…

Tanggapan 3 – Agus Umaryasin

Pak Arron,

Sepertinya benar yg dikatakan bapak.
Artinya ada beberapa file attachment yg kurang.

Terima kasih pak atas bantuannya.