Biasanya genset yang digunakan di area wellpad memiliki klasifikasi explosion proof, baik pada genset nya, maupun peralatan tambahan lain nya (semisal hose), sehingga potensi explosion bisa di minimalisir. Kalau ada faktor lain yg tak terkirakan sebelumnya, semisal tingginya kadar gas hidrokarbon di sekitar area tsb, sehingga menambah potensi timbulnya segitiga api , atau turun nya titik batas LEL, dll.

Tanya – Evta Yulianto

Dear All,

Saya dapat info dari teman teman yang dipetrochina sukowati,ledakan terjadi dikarenakan hose fuel generator pecah dan nyembur ke bodi generator sehingga terjadi api disusul ledakan generator.begitu info yang saya dapatkan.

Mungkin teman teman yang disukowati Wellpad Bisa memberikan penjelasan tentang kejadianya,

Tanggapan 1 – hdmessa

Terima kasih info nya, Evta dan rekan sekalian,

Maaf setahu saya, biasanya genset yg digunakan di area wellpad memiliki klasifikasi explosion proof, baik pada genset nya, maupun peralatan tambahan lain nya (semisal hose), sehingga potensi explosion bisa di minimalisir.

Entahlah kalau ada faktor lain yg tak terkirakan sebelumnya, semisal tingginya kadar gas hidrokarbon di sekitar area tsb, sehingga menambah potensi timbulnya segitiga api , atau turun nya titik batas LEL, dll.

Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian, semoga kita bisa banyak belajar dari kasus ini.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Sayang infonya kurang lengkap, meski contributing cause sudah disebutkan oleh Mas Evta (hose yang pecah), selanjutnya harus di runut lebih jauh root cause nya:

– Apakah hosenya original apa sudah diganti dengan merk atau bahkan type hose lain?

– Jika ada penggantian yang tidak RiK (replacement in kind), apa sudah ada prosedur MoC (management of change) nya? Apakah sudah pernah dilakukan Hazard Identification/Evaluation atas MoC ini?

– Apakah hosenya sudah pernah di pressure test sebelumnya? Apakah sebelum start up genset sudah dilakukan Pre Start Up Safety Review?

– Kapan terakhir dilakukan (process Safety) audit pada Genset ini, dan bagaimana hasilnya?
– Apakah operator yang mengoperasikan genset berkompeten? apakah ada supervisor yang mengawasi pekerjaan ini di tempat kejadian?

– Kenapa kalau terjadi api di bagian luar Genset (karena hose pecah) terus bagian dalam Genset ikutan meledak? Jenis genset bersangkutan sudah memenuhi standar baku pengadaan barang perusahaan (lolos CSMS – pertanyaan berikutnya apakah CSMS nya sudah benar?)?

– etc

Terlalu banyak pertanyaan yang bisa diajukan dalam penyelidikan kecelakaan kasus ini. Menjadi menarik karena kejadian di lokasi ini cukup sering.