Saat ini saya sedang melakukan simulasi FlareSim untuk menghitung Flare radiation di sebuah offshore plant. namun saya sedikit bingung. jika bapak-bapak dan ibu-ibu berkenan, mohon menjawab beberapa pertanyaan saya: 1. dalam fluid tab, dilihat ada emmissivity method generic-1 dan generic-2, bedanya kira-kira apa? ; 2. apa kriteria dalam pemilihan noise calc method, Low noise ref, Standard ref, Accoustic Eff? ; 3. Apa kriteria dalam pemilihan calculation method Brzustowski, API, point, diffuse, mixed? Jika ada referensi yang relefan tentang pertanyaan tersebut, mohon diinfokan juga.

Tanya – Singa Biru

Dear All,

Saat ini saya sedang melakukan simulasi FlareSim untuk menghitung Flare radiation di sebuah offshore plant. namun saya sedikit bingung. jika bapak-bapak dan ibu-ibu berkenan, mohon menjawab beberapa pertanyaan saya,

1. dalam fluid tab, dilihat ada emmissivity method generic-1 dan generic-2, bedanya kira-kira apa?

2. apa kriteria dalam pemilihan noise calc method, Low noise ref, Standard ref, Accoustic Eff?

3. Apa kriteria dalam pemilihan calculation method Brzustowski, API, point, diffuse, mixed? Jika ada referensi yang relefan tentang pertanyaan tersebut, mohon diinfokan juga.
Terima kasih atas bantuan bapak

Tanggapan 1 – Ari Firmansyah

Dear Singa,

Sudah coba ubek-ubek manual dan helpnya? Saya jg waktu belajar pake flaresim beberapa waktu lalu melakukannya dengan ubek2 manual dan help sendiri, cuma sekarang sudah agak2 lupa lagi, maklum belum ada kesempatan buat pake flaresim lagi. Kalau tidak salah hal-hal ini juga diperikan di Manual Flaresim.

Untuk calculation method, seingat saya, API method itu paling sederhana (bisa dilihat di API STD 520 Appendix C, section C.1 dan C.2), kemudian ada juga Brzustowski and Sommer’s approach (biasa disebut API B&S, bisa dilihat di API STD 520 Appendix C, section C.3). Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan2 dengan methode yang lain saya lampirkan sebuah paper yang mengulasnya. Mungkin bisa membantu.

Maaf kalo kurang membantu, silakan yang lain untuk menambahkan.