Select Page

ThermaCAM GasFindIR tujuan utamanya adalah menurunkan fugitive emission dengan melakukan semi quantifikasi leaking dari berbagai peralatan (tubing, seal, valve packing, pump seals, compressor seals, piping connections dll), dengan cara melakukan scanning gas hidrokarbon yang release menggunakan ThermaCAM GasFindIR, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada lokasi leaking. Jadi bukan untuk mengetahui/ menganalisis karakteristik dan konsentrasi hidrokarbon yang release.

Tanya – rahmat satria dewangga

Dear all,

Apa ada yang pernah pengalaman menggunakan ThermaCAM GasFindIR untuk fugitive monitoring gak? Kira2 beli ThermaCAM GasFindIR, di Indonesia, dimana ya? harganya berapa ya? Saya sudah googling tapi koq gak nemu ya, apa karena produk baru kali ya… Kalo bapak2, ibu2, om2 dan tante2 ada yang tahu, bagi2 infonya ya, via japri mungkin lebih baik, thnx bgt…

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Pak Rachmat,

Saya pernah pakai IR tp saya kira kalo ir tidak di dinginkan sensornya, saya kira kalau cari emissi gas hopeless, kareaa resolusi ir tidak bisa meraba temp differential yg kecil. kalau ultra sonic cari fugitive okey pak. saya tidak tahu agent local but you can googling.

Tanggapan 2 – Bimo Pratomo

Pak Rahmat,

Coba kontak PT JALAMAS BERKATAMA, Jl. Cideng Timur No. 70, Jakarta 10160, Tlp. (021) 350-6470. Atau buka www.jalamas.com

Kami disini menggunakan ThermaCAM P65, tetapi tidak ThermaCAM GasFindIR, jadi tidak bisa memberikan review.

Tanggapan 2 – alfi azhari

Pak Rahmat,

Apakah therma cam gasfindIR itu khusus utk gas? IMHO kan klo thermacam yg umum, spt P65 (flir), TH9100 (nec), dll ga rekomen utk deteksi/ analisis gas,. krn emisivitas gas kan sangat kecil, kecuali gas tsb mengalir di permukaan solid, nah image dr surface bs merepresentasikan gas yg ngalir nitu. CMIIW.

Tanggapan 3 – rahmat satria dewangga

Tujuan utamanya adalah menurunkan fugitive emission dengan melakukan semi quantifikasi leaking dari berbagai peralatan (tubing, seal, valve packing, pump seals, compressor seals, piping connections dll), dengan cara melakukan scanning gas hidrokarbon yang release menggunakan ThermaCAM GasFindIR, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada lokasi leaking. Jadi bukan untuk mengetahui/ menganalisis karakteristik dan konsentrasi hidrokarbon yang release. Demikian, terima kasih.

Tanggapan 4 – alfi azhari

Pak Rahmat,

IMHO, hasil scanning gas HC dg ThermaCam yg umum (p65, TH9100,dll) kan thermal image. Nah klo u/ dapetin thermal image dari itu yg agak susahdilakukan untuk gas, krn radiasi dr gas tsb kecil, shg yg ditangkp oleh ThermaCam byk terpengaruh ama radiasi benda2 lain disektrnya. atau thermaCam GasFindIR spesifik bs menangkp radiasi gas?

Tanggapan 5 – rahmat satria dewangga

Dear pak Alfi,

Untuk lebih jelasnya, saya attachkan video hasil scan GasFindIR (4,732 kb). Mungkin gak akan direlease ke milist, karena terlalu besar, jadi saya cc ke gmailnya. Hasil scan nampak seperti asap hitam yang keluar dari leaking point, mungkin akan berbeda dengan thermal image. CMIIW

Tanggapan 6 – alfi azhari

Wah, saya malah baru tau…

Kayanya beda nieh ama hsl dr therma cam yg biasa kami pke (TH9100) ataupun p65, dan hslnya pun jg bkan dlm video. maap nieh ga bs membantu..

Tanggapan 7 – xmansu

Pak Rahmat;

Ditempat kami dalam process pembelian alat ini’ CMIIW; alat ini dipakai untuk mendeteksi kebocoran gas walaupun dalam kuantity yang kecil; demo sudah pernah dilakukan disebagian fasilitas kami.

Kami rencananya akan memakai untuk memonitor joint integrity di fasilitas kami untuk detail mungkin baik via japri…

Share This