Select Page

Keunggulan utama dari Primavera dibanding MS Project adalah pada saat tahap pengontrolan, dimana. Primavera akan memberikan analisa yang lebih akurat dibanding MS Project. Untuk sampai saat ini Primavera hanya mampu menampilkan grafik Resources ataupun Cost akan tetapi tidak bisa menampilkan S-Curve dalam bentuk Percentage yang dapat menampilkan perbandingan antara plane dan earn untuk setiap periode waktu tertentu. Kebanyakan orang masih memakai Excel untuk membuat S-Curve ini.

Tanya – Riki.Sapari@sulzer

Dear Milister,

Mohon pencerahannya mengenai kelebihan dan kekurangan dri program scheduling dari Microsoft Project vs Primavera Project Planner, dan juga jika melihat dari sisi S-Curvenya gimana ya kelebihannya…..?. Thanks atas infonya.

Tanggapan 1 – Riki.Sapari@sulzer

Kalau info detail yang bisa di dapet lewat situs resminya ada tidak ya pak……….? Mohon infonya jika memang ada. Maklum saya sedang belajar mengenai Scheduling ini.

Terima kasih atas informasinya.

Tanggapan 2 – Dakhyar_Syamsudin@fmi

Dear Riki,

Keunggulan utama dari Primavera dibanding MS Project adalah pada saat tahap pengontrolan, dimana. Primavera akan memberikan analisa yang lebih akurat dibanding MS Project. Untuk sampai saat ini Primavera hanya mampu menampilkan grafik Resources ataupun Cost akan tetapi tidak bisa menampilkan S-Curve dalam bentuk Percentage yang dapat menampilkan perbandingan antara plane dan earn untuk setiap periode waktu tertentu. Kebanyakan orang masih memakai Excel untuk membuat S-Curve ini. Kami dari tahun 2004 telah membuat program untuk memanpilkan Performance Barchart S-Curve(Gabungan antar Barchart dan S-Curve) untuk berbagai level baik itu Level Summary atau Detail dengan mengunakan Visual Basic dan MS Access. Program ini dapat mengambil data dari Primavera dan MS Project melalui proses import export. Bila ada yang berminat saya akan kirimkan sample output program ini silahkan kirim email ke dakhyarsyamsudin@yahoo.co.id

Tanggapan 3 – Riki.Sapari@sulzer

Wah cukup gamblang penjelasan dari Pak Dakhyar ini, btw thank you so
much atas penjelasannya.

Tanggapan 4 – Bambang_Muliano@fmi

Sekedar menambahkan yang telah disampaikan oleh Pak Dakhyar:

Di Primavera kita juga dapat bekerja secara Multi Project, sehingga kita dapat melakukan tracking resource/cost by Project Portfolio.

Juga sejak Primavera versi 5 sudah berbasis database, sehingga dapat digunakan secara multi-user.

Bahkan saat ini sudah ada versi Web, sehingga user dapat melakukan update dari mana pun.

Tentang MS Project, saya dengar versi terbaru juga sudah berbasis database dan multi-user,

barangkali dari Bapak/Ibu yang lain ada info tentang kelebihan/kelemahan kedua produk ini ?

Pembahasan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dapat dilihat dalam file berikut:

Share This