Soal penempatan chart recorder kalau dilihat secara applicable code dalam hal ini ASME B31.3 piping system tidak menyebutkan secara spesifik namun biasanya yang selama ini kami lakukan disaat hydrostatic menggunakan chart recorder dalam satu recorder terdapat 2 fungsi, untuk tekanan dan untuk suhu sehingga dalam satu chart terdapat 2 garis penunjukan, untuk pressure dan untuk temperature dan biasanya sertifikat kalibrasi alat recorder hanya satu nomor sertifikat, untuk pressure recorder dan untuk temperature recorder.

Tanya – Precomm – Ivan

Dear All,.

Saya mau nanya apakah di applicable code ada ketentuan specific tentang penempatan recorder,.

Karena ada case di mana pada saat hydrotest chart temperature dan pressurenya; di record dengan recorder terpisah,.. hasilnya ada 2 grafik yang terpisah,.

Alasannya sih temperature di record terpisah dengan posisi yang lebih dekat pada piping system yang ditest,. ;Tapi yang di record sebenarnya temperature air sebagai medium uji kan? Bukannya piping systemnya?

Please advice,. Apakah 2 recorder yang dipasang terpisah ini case yang rejectable untuk dipakai kalau applicable code tidak me’require’ hal seperti ini,..

Thanks in advance,.

Tanggapan – y_nugraha

Soal penempatan chart recorder kalo dilihat secara applicable code dalam hal ini ASME B31.3 piping system tidak menyebutkan secara spesifik namun biasanya yang selama ini kami lakukan disaat hydrostatic menggunakan chart recorder dalam satu recorder terdapat 2 fungsi, untuk tekanan dan untuk suhu sehingga dalam satu chart terdapat 2 garis penunjukan, untuk pressure dan untuk temperature dan biasanya sertifikat kalibrasi alat recorder hanya satu nomor sertifikat, untuk pressure recorder dan untuk temperature recorder.
Kalau pun mau direcord/dicatat untuk suhu kita pasang lagi satu alat pengukur suhu, untuk suhu udara dan air, terpisah dari recorder. Demikian, bila ada salah mohon pencerahannya.