Untuk metal backing welding TIG sebetulnya bisa diganti dengan Insert, yaitu logam yang sesuai dengan material / filler metal. Misal bapak sedang menyambung 2 pipa atau tube, bapak tinggal beli insert yang dikehendaki sesuai dengan ID dari pipa / tube, letakan insert tersebut diantara dua tube lalu lelehkan insert tersebut dengan TIG torch tanpa filler metal, dengan sendirinya akan terbentuk root pass, setelah itu tinggal nambahi fill pass dan capping. Atau bisa juga dengan backing ceramic biasanya untuk root gap yang kelebaran untuk ngeweld plate atau pipe dengan diameter besar karena setelah pengelasan harus diambil (cara pasangnya pakai isolasi / semacan aluminium foil).

Tanya – heru ashadi

Dear all,

Untuk metal backing welding TIG apakah ada jenis metaln lain selain copper?

Saat ini saya menggunakan metal backing copper 99%. Jika sudah 3 kali waktu las, copper melunak dan kehilangan daya serap panas sehingga visual las menjadi kurang baik.

Tanggapan – soegijarto den

Pak Heru,

Untuk backing, sebetulnya bisa diganti dengan Insert, yaitu logam yang sesuai dengan material / filler metal. Misal bapak sedang menyambung 2 pipa atau tube, bapak tinggal beli insert yang dikehendaki sesuai dengan ID dari pipa / tube, letakan insert tersebut diantara dua tube lalu lelehkan insert tersebut dengan TIG torch tanpa filler metal, dengan sendirinya akan terbentuk root pass, setelah itu tinggal nambahi fill pass dan capping. Atau bisa juga dengan backing ceramic biasanya untuk root gap yang kelebaran untuk ngeweld plate atau pipe dengan diameter besar karena setelah pengelasan harus diambil (cara pasangnya pakai isolasi / semacan aluminium foil). Mohon dikoreksi jika salah, Semoga bermanfaat.