Mohon sharing expertise dan pengalamannya mengenai alasan mengapa pasir penyangga bottom tanki harus dry sand, dan kalau basah apa akibatnya.

Tanya – Widodo Wirjono

Dear Rekan-Rekan Migas,

Mohon sharing expertise dan pengalamannya mengenai alasan mengapa pasir penyangga bottom tanki harus dry sand, dan kalau basah apa akibatnya.
Kami baru mendapatkan bahwa pasir yang seharusnya kering dengan minimum resistivity 50,000 ohm ternyata basah, karena pada waktu konstruksi ada hujan dan dibiarkan.
Di bawah pasir ini masih ada semacam rubber sheet agar jika ada kebocoran dari tanki, minyaknya tidak menkontaminasi ground water. Sehingga mudah2an tidak ada continuity dengan ground.
Pada bottom tanki sudah ada dipasang cathodic protection (sacrifice anode). Apakah dengan adanya pasir yang basah ini anodenya harus ditambah? Sekarang tankinya sudah menjelang selesai, kalau memang spec ini critical, apakah ada yang punya pengalaman mengeringkan pasir tsb (on line)?
Terimakasih atas sharingnya.

Tanggapan – roeddy setiawan

Kalau pasir basah, kan conductive pak, tanki bapak fe, fe itu tidak stabil, krn yg stabil fe2o3 , sudah octet electron terluarnya, nah pasir selain sio2, juga banyak lainya, mg,ca, organik, jadi tentu saja bohir keberatan karena nanti ada galv corrosion, hal penting lainnya, nah kalo air nya terkompress keluar krn tanki berat, landasan nya miring, jadi local stress ???, dasarnya sobek, gimana pak kalo diisi penuh2 miring nanti tengkinya, pasti sobek masih warantee, bapak balik lagi betulin bisa bisa dobel ongkosnya.
bapak bilang ada anode, brangkali dipasang didalam ya pak, tg terlindungi skin bagian dalam saja, luarnya tidak,

Kalau tanki bapak engak gede didongkrak bisa pak, kalo tengki baqpak gede banget bikin solokan seperti org mau tanam timun, biar airnya dg grav drainage turun dg sendirinya. sekeliling tanki 5 -10 meter bapak gali say 2 meter, pasang bufer imperme4able ,kqantong kresek atau sebangsanya tutup dg pasir.. jadfi water table turun. dan yang dari jaquh jauh airnya ngak datang ketempat anda kalu mau hot lagi pasang pompa tiap 5 meter start pompaq anda brgkl 2hr kelar . tingal tungguin entah sebulan entah seminggu. tergantung pompa anda ada berapa , buat sampe ke harga resistiviti yg bohir mau….yang lain mandor anda suruh jalan pake jempol he he kiding,,,, maksud saya jadi mahal banget yah kalu supervisi ngak dijalankan. mau murah malah jeblog.