Beberapa vendor menyediakan solusi untuk liquid carry over ini, biasanya mereka bersedia melakukan perhitungan awal, berikut solusi yang ditawarkan dalam bentuk report. ini sudah termasuk rincian beaya instalasi peralatannya. Secara umum mereka biasanya memasang diverter, dan beberapa internal tanpa melakukan pengelasan pada separator yang sudah ada (existing). Beberapa lagi dilakukan dengan menambah peralatan lain yang prinsipnya meningkatkan efisiensi pemisahan liquid/gas.

Tanya – danang adiwibowo

Saya adalah process engineer yang masih sangat hijau baru hitungan bulan berkecimpung di dunia migas.

Di tempat saya bekerja ada permasalahan di separator Vertical gas/liquid. dimana pemisahannya kurang sempurna yang menyebabkan liquidnnya carry over dan menyebabkan kerusakan pada turbin. di duga pada liquid tersebut mengandung wax/paraffin.

Kira-kira dari temen-temen yang sudah sangat berpengalaman di dunia migas ada yang bisa membantu mencarikan solusi untuk kasus ini? parameter2 apa saja yang harus di cek dan di perbaiki? mohon pencerahannya. Terimakasih.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Beberapa vendor menyediakan solusi untuk liquid carry over ini, biasanya mereka bersedia melakukan perhitungan awal, berikut solusi yang ditawarkan dalam bentuk report. ini sudah termasuk rincian beaya instalasi peralatannya.

Secara umum mereka biasanya memasang diverter, dan beberapa internal tanpa melakukan pengelasan pada separator yang sudah ada (existing). Beberapa lagi dilakukan dengan menambah peralatan lain yang prinsipnya meningkatkan efisiensi pemisahan liquid/gas.

Tanggapan 2 – adhi budhiarto

Coba cek baffle atau wire mesh-nya, kali aja bermasalah (baffle-nya lepas atau wire mesh-nya robek).
Atau kalo ada perubahan jenis fluida dibandingkan disainnya, coba cek liquid hold up-nya, kali aja udah gak sesuai lagi.

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Pak Danang,

Kurang jelas problem statement bapak, apakah turbin yg dimaksud kompressor
atau turbin yg dimaksud turbin gas dimana gas yg katanya cary over di pakai fuel ???????

Kalau carry over ke kompressor, tergantung compressornya, kalau sentrifuhgal ngak akan ada masalah, tapi kalau recip memang bisa masalah, popet valve anda low life.

Saya kira pak Dam dan yg lain bisa membantu anda kalau problem statement nya jelas.

Tanggapan 4 – Ari Firmansyah

Mas Danang,

Prinsip dasar dari desain separator (vertical) adalah velocity dari gas dan terminal velocity yang dibutuhkan untuk pemisahan antara gas dan liquid. Jika gas velocity lebih besar dari terminal velocity, maka liquid akan terbawa. Untuk mengetahui berapa terminal velocity yang dibutuhkan bisa menggunakan rumus Vt = K ((rho_l ­ rho_g)/rho_g)^0.5). Harga K bervariasi bergantung jenis demister yang digunakan (meshpad, vane pack, etc, bisa dilihat di GPSA section 7) atau sebaiknya di consult kepada vendor internal yang bersangkutan. Untuk mengetahui penyebab dari liquid carry over tersebut
bisa dilihat beberapa parameter :

1. apakah terjadi peningkatan kapasitas yang significant dari desain awal sehingga luas penampang yang dibutuhkan untuk terjadinya pemisahan tidak cukup lagi. Kalau ini yang terjadi, bisa diimprove dengan memodifikasi internal separator (inlet device, meshpad). Silahkan di konsultasikan dengan vendor internal, karena mereka yang desain, jadi mereka yang tahu kapasitasnya seperti apa. Beberapa vendor bahkan bisa melakukan Computational Fluid Dynamic untuk fluida didalam vessel.

2. Anda bilang liquid diduga mengandung wax/parafin, kalau benar, hal ini bisa menimbulkan clogging di meshpad, yang lama kelamaan akan menyumbat sehingga pressure drop di meshpad akan meningkat. Kalau terjadi terus menerus bisa jadi meshpad jebol karena pressure yang terlalu tinggi.
Silahkan dicek lagi apakah kondisi meshpad masih bagus, kalo tidak bisa segera diperbaiki dengan menggantinya.

3. Perubahan sifat fisik dari fluida yang akan dipisahkan, terutama massa jenis, apakah terjadi perubahan yang significant dari disain awal.

4. Untuk liquid built up didalam vessel rasanya bisa langsung terdeteksi begitu mencapai HLL (alarm) dan HHLL (shut down), kecuali instrument tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.

5. Silahkan di refer ke API 12J atau GPSA section 7 sbg acuan untuk desain separator.

Mohon maaf kalo ada kekurangan, silahkan ditambahi.

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Saya banyak menangani masalah liquid carry over selama setahun di Chevron ini, dan saya menggunakan Shell Design Engineering Practice – Gas Liquid Separator – 1996, di mana di sana juga diperikan perhitungan untuk separator yang juga memiliki filter dan coalescer. Dan Alhamdulillah, beberapa prediksi liquid carry over hasil perhitungan saya memang match dengan kondisi aktual. Silahkan dipelajari standard tersebut.