Saya masih awam tentang storage tank, mohon pencerahanya mengenai sheel design for storage tank. Sesuai dengan API 650, ada 3 metode yaitu: 1. 1-Foot Method; 2. Variable design-point method; 3. Elastic Analysis. Metode yang manakah yang sering di gunakan? apakah tidak ada factor loading yang lain seperti wind and seismic loading untuk designnya? Jika ada yang memiliki API 650 versi Indonesia mohon di share.

Tanya – Ahmad Arfan

Dear Bapak2 Engineer,

Saya masih awam tentang storage tank, mohon pencerahanya mengenai sheel design for storage tank.

Sesuai dengan API 650, ada 3 metode yaitu

1. 1-Foot Method

2. Variable design-point method

3. Elastic Analysis

Metode yang manakah yang sering di gunakan? apakah tidak ada factor loading yang lain
seperti wind and seismic loading untuk designnya?

Jika ada yang memiliki API 650 versi Indonesia mohon di share.
Terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – farabirazy albiruni

Mas Ahmad,

Di API 650 sudah dicover semua load2 termasuk wind, earth quake ato seismic loading. Tinggal dibaca aja dan difollow mandatory requirementnya dalam desain. Untuk perhitungan stress sendiri, banyak software gratisan yang based on API 650.

Semua metode yang dicover dalam API 650 based on linear elastic approach (material bersifat isotropic). Governing equationnya juga sama berasal dari membrane shell analysis yang di dasari Hooke’s Law dan Navier Equation.

Apapun metode yang anda pilih dari ketiga metode tersebut, perbedaannya hanya sedikit (sekitar 5%) yang disebabkan oleh asumsi dasar yang berbeda dalam memandang initial condition perhitungan meridian dan hopp stress shell.

Semoga membantu..

Tanggapan 2 – fajar tampubolon

Dear Bapak Ahmad,

Saya pikir kalau bapa jeli membaca API 650 disitu jelas dituliskan kapan kita memakai methode First Foot Methode, Kapan Menggunakan Variable design… K’lo ga salah First Foot Methode digunakan untuk tangki berdiameter dibawah 60 m… dan kalau sudah lebih besar dari 60 m memakai methode Variable design.. Coba dech dibaca lagi… Semoga membantu…