Dew Point adalah titik embun pada saat udara kondensasi dengan surface atau permukaan.
Biasanya diguanakan untuk syarat aplikasi coating atau Painting.Alat yang digunakan bisanya pakai swing hygrometer untuk mengukur tingkat humaditynya. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di nace level 1chafter 2.1 enviromental test .

Tanya – Furkandar Moechni

Salam Bapak2/Ibu terhormat,

Saya mohon pencerahan kepada bapak2/ibu2 mengenai test dew point. Apakah yang dimaksud dengan test dew point tsb? Adakah institusi yg menyediakan layanan test tsb? Terimakasih sebelumnya,

Tanggapan 1 – Yunarti Sip

TO FURKANDAR

Dew Point adalah titik embun pada saat udara kondensasi dengan surface atau permukaan .
biasanya diguanakan untuk syarat aplikasi coating atau Painting.Alat yang digunakan bisanya pakai swing hygrometer untuk mengukur tingkat humaditynya. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di nace level 1chafter 2.1 enviromental test .
mudah mudahan ini bisa membantu

Tanggapan 2 – Helky Zunnur

Dear pa furkan,

Sekedar penambahan, dew point sangat erat kaitannya dengan Relative Humidity,absolut humidity,wet bulb dan dry bulb, untuk lebih deatilnya anda bisa merujuk ke mollier diagram. Dew point ini bisa menjadi accuan kita tentang tingkat pengeringan atau kebasahan dari suatu proses yang kita inginkan ! aplikasinya sangat luas, salah satunya di AHU.

Tanggapan 3 – Amrul Yahya

Dear All,

Mohon saran, terkait dengan coating process tentang dew point & Humitidy.
Apakah cukup dengan melakukan pengukuran Humidity lingkungan tanpa melakukan pengukuran dew point & surface temperatur?

Berapa selisih antara surface temperatur dgn dew point yang diperbolehkan serta standard/ code yang dipakai?

Tanggapan 4 – Erwin (Jakarta) Erwin@WorleyParsons

Dulu waktu saya masih tukang cat semprot di Fabricator, Urusan Humidity ini berkaitan dengan Tingkat Qualitas Apply cat yg kita inginkan….panas nya udara belum tentu mempunyai Humidity yg pas.untuk nge-cat…kalo gak salah diatas 90% dech……gak tau dech sekarang..apa masih seperti itu…

Tanggapan 5 – Sasmoyo

Aplikasi yang lain adalah untuk Air Instrument System

Dew Point juga digunakan untuk mengukur kekeringan udara dari adanya kandungan uap air di Air Instrument system. Karena Instrument membutuhkan kekeringan udara tertentu (mis. : -4 s/d -40 Deg C) untuk menjaga reliability dari instrument tersebut.

Misal diminta Dew Pointnya adalah – 40 Deg C, maka tingkat kekeringannya adalah bila udara tersebut didinginkan sampai dengan – 40 Deg C tekanan atmosfir akan mulai terjadi kondensasi uap air didalam udara tersebut. Cara pengukurannya sudah banyak yaitu dengan Dew Point Analyzer seperti merek Ametek, Teledyne dll.

Tanggapan 6 – Nugroho

Salam kenal Pak Furkan –

Dew point test adalah test untuk menentukan berapa temperature dew point suatu compressible product.
alatnya simple pakai dew point meter saja yang dipasang di line compressible nya. Nanti akan otomotatis terbaca berapa PDP nya dalam satuan temperature yang diinginkan user.
Kalau aplikasi di line compressed air, dew point temperature sangat penting karena akan memonitor kualitas compressed air untuk memprotect alat alat di end user yang sensitive thd ini spt instrument control device, pneumatic conveying system dlsb dari potensi korosi karena air dan plugged. Dew point yang bagus utk site compressed air application berkisar 10 deg C. jika tendensi naik maka potensi kondensasi akan besar. jika sustain di nilai 10 C atau bahkan bisa kurang makin bagus yang berarti mendandakan kualitas compressed air tsb ‘kering’. Harap bedakan definisi dew point temperature dengan temperature basah dan kering.
Utk menendapatkan kualitas dew point temp yang bagus perlu cooling dan dehumidification process , yang bisa melalui air dryer.

Kalau institusi yang biasa mengukur ini , saya belum pernah ada info. mungkin rekan lain ada yang bisa info?

Tapi kalau pakai cara manual bisa..dari temperature wet bulb saja nanti tinggal diplot di psycometric diagram dan intersection dng garis 100% humidity itulah dew point temperature-nya.

Tanggapan 7 – lukman hakim

Nilai besaran Dew Point (DP) dan Relative Humidity (RH) biasanya saya dapatkan dari perhitungan pak, dan ada tablenya (kalau mau tablenya nanti saya japri). Kita nyarinya dari perbedaan antara temperature kering dan temperature basah trus liat di table antara beda nilai tersebut dan keringnya maka didapat nilai RH dan DPnya. Untuk pengecatan biasanya berlaku peraturan: Steel temperature minimal 3ºC dan maximal 50ºC trus nilai RH Maximum 85% atau sesuai client spec. Mudah-mudahan bisa membantu.