Mohon bantuannya tentang squence maintenance buat helical screw pump: 1. Ada Specific time rangenya tidak; 2. Bagaimana dg proses maintenancenya,seperti dismantling pump itu sendir,trus Trouble Shootingnya? Terima Kasih.

Tanya – Aulia dj

Dear Milist,

Mohon bantuannya tentang squence maintenance buat helical screw pump.

1. Ada Specific time rangenya nggak.

2.Bagaimana dg proses maintenancenya,seperti dismantling pump itu sendir,trus Trouble Shootingnya? Terima Kasih.

Tanggapan 1 – Donny Jacobus

Menurut saya, tergantung dari materials yang melewati pump tersebut dan material yang digunakan pada parts pump tersebut. Saya pernah assembly dan maintenance rotary pump untuk waste oil pit dimana material yang terkandung di oil itu sendiri adalah water, silica, dan sampah lingkungan lainnya (spt ranting, daun, bangkai serangga). Periode perbaikannya tergantung dari banyaknya silica yang terkandung pada waste oil tersebut, semakin lama operasional dan silica yang terkandung, waktu penggantian parts akan semakin cepat. Selain itu, jammed adalah problem yang sering saya alami karena sampah lingkungan tersebut.
Kalau materialnya hanya air, checking time nya bisa diperpanjang range waktunya. Sedangkan untuk material chemical, bisa dilakukan checking sampai 1 minggu sekali (terutama yang corrosive) dan penggantian parts yang lebih sering.
Selain material, Pengecekan gear penggerak juga perlu dilakukan secara intensif untuk heavy duty work, misalnya term 3 atau 6 bulan. Karena sedikit masalah pada penggerak akan dapat mempengaruhi kinerja parts yang lain, seperti shaft atau screw pump itu sendiri.
Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut untuk hal maintenance dan lainnya, bisa email japri.

Semoga dapat membantu..