Ada yang tahu bagaimana caranya migrasi email dari Microsoft Outlook Express (bawaan Windows XP) ke Windows Mail (bawaan Windows Vista).
Kalau sebelumnya, Outlook Express selalu membuat folder-folder dengan format DBX, jadi dengan hanya mencopy file-file ini, kita dapat melakukan migrasi email ke OE yang lainnya. Tapi Windows Mail sistemnya lain daripada Outlook Express.

Tanya – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Ada yang tahu bagaimana caranya migrasi email dari Microsoft Outlook Express (bawaan Windows XP) ke Windows Mail (bawaan Windows Vista).
Kalau sebelumnya, Outlook Express selalu membuat folder-folder dengan format DBX, jadi dengan hanya mencopy file-file ini, kita dapat melakukan migrasi email ke OE yang lainnya. Tapi Windows Mail sistemnya lain daripada Outlook Express, padahal kakak adik.

Kalau format PST dalam Outlook 2003 masih dikenali dengan baik oleh Outlook 2007. Jadi nggak masalah dalam melakukan migrasi email. Oh ya, solusi migrasi outlook express boleh juga lho dengan fasiltas import ke Mozilla Thunderbird misalnya. Bagaimana caranya ?

Thanks in advance.

Tanggapan 1 – Milis

Pak, kalau pakai Windows Live Mail, Pak Budhi bisa menentukan di folder mana email-emailnya akan disimpan. Kalau di Live Mail berikut adalah step untuk mencari lokasi penyimpanan-nya:

Tools | Options | Advanced | Maintenance –> OK

Saya menggunakan Microsoft Outlook 2007 Enterprise Edition untuk email kantor dan Microsoft Windows Live Mail untuk email pribadi. Sehingga satu sama lain tidak mengganggu, demikian pula ketika saya perlu melakukan backup terhadap email-email pribadi saya.

Demikian Pak. Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Maaf Mas Landung, belum menjawab pertanyaan saya. Kalau saya menggunakan cara anda di bawah ini, Windows Mail langsung menolak karena folder yang dituju sudah berisikan email-email Outlook Express dalam format DBX.
Harus folder kosong katanya. Lha kalau begini, nggak terjadi migrasi email dong… karena saya inginkan melanjutkan email-email outlook express di windows mail.

Akhirnya barusan saya coba dengan menggunakan Thunderbird.

Tools | Import | Mail | Outlook Express | Folder Tujuan (arsip OE).

Alhamdulillah, semua email-email dari Outlook Express ditransfer dengan sempurna oleh Thunderbird.

Problem solved…

Tapi akhirnya pindah ke Thunderbird nih….

Tanggapan 3 – Yoyok Poerwedi

Mas Budhi,

Ada jawabannya dari pakar dilink berikut ini :

http://blogs.technet.com/james/archive/2007/06/08/importing-outlook-express-dbx-files-into-windows-vista.aspx

Tanggapan 4 – Admin Migas

Thanks Mas Yoyok atas kiriman hyperlink nya. Terpaksa sampai habis saya membaca dokumen tersebut untuk mengerti kesalahannya ada dimana (attachment ‘Importing Outlook Express DBX files into Windows Vista’ terlampir).
Ternyata seru juga diskusinya, meskipun penjelasan Microsoft kurang jelas, tapi tidak ada yang marah-marah seperti di milis ini. Sebenarnya cara yang dilakukan sewaktu awal posting sudah benar, hanya saja Windows Vista menambahkan nama folder 2 kali sehingga Vistanya kebingungan sendiri (bug Windows Vista ?). Setelah di hapus secara manual, baru deh proses migrasi email dari Outlook Express 6 ke Windows mail berjalan dengan lancar. Duplikasi email 100% perfect, sehingga saya bisa merespon puluhan email anggota yang belum sempat dijawab hari-hari kemarin.