Secara eksplisit, vibrasi pada sistem perpipaan yang disebabkan oleh ‘aliran fluida’ di dalam pipa dapat dibelah ke dalam dua area: fluid induced vibration dan acoustically induced vibration. Ada beberapa literatur yang menyatukan keduanya ada yang memisahkan dalam taksonomi pembicaraan yang berbeda. Hal ini tentunya hanyalah taksonomi dasar. Vibrasi yang disebabkan oleh multiphase-multicomponent fluid flow seperti slug flow dan hammering umumnya adalah fluid induced vibration, dan vibrasi yang terjadi pada pressure let down station umumnya adalah acoustically induced vibration.

Tanya – vladimir.medio

Dlm piping system, fluida yg mengalir bs mnyebabkan vibration pd pipa dan kemungkinan bs juga sampai terjadi failure. Apa rekan2 bs sharing bgmana hub langsung antara density fluida dan kecepatannya dgn vibration. Atau specificely, rho.v2 (density kali kecepatan pangkat dua) dg vibration? Sehingga nantinya kita akan bs menentukan pipe sizingnya yg sesuai, aman. Dan mungkin ada yg paham code yg related dg msalah ini?
Mohon pencerahan.

Tanggapan 1 – Teddy

Pak Medio,

Secara eksplisit, vibrasi pada sistem perpipaan yang disebabkan oleh ‘aliran fluida’ di dalam pipa dapat dibelah ke dalam dua area: fluid induced vibration dan acoustically induced vibration. ada beberapa literatur yang menyatukan keduanya ada yang memisahkan dalam taksonomi pembicaraan yang berbeda. Hal ini tentunya hanya lah taksonomi dasar, jadi saya tidak perlu memberikan referensi secara detail. Vibrasi yang disebabkan oleh multiphase-multicomponent fluid flow seperti slug flow dan hammering umumnya adalah fluid induced vibration, dan vibrasi yang terjadi pada pressure let down station umumnya adalah acoustically induced vibration.

Rekan lain mungkin bisa menambahkan kalau ada aspek eksitasi lain dari yang di atas saya sebutkan.

Hal lain yang bisa dibahas dalam konteks kecepatan dan densitas aliran adalah erosi dan korosi.

Jadi dari menu di atas, pembicaraan bisa panjang melebar.

Nah dari balasan awal saya ini, mungkin pak medio, bisa lebih mempersempit area diskusi ke aspek yang menjadi concern bapak. Kalau mau disebutkan dan dibahas semua dalam satu email tentunya menjadi terlalu panjang. Untuk acoustically induced vibration, tahun lalu sudah pernah didiskusikan di milis ini, pak danil zilfa dari KBR Jakarta menuliskan kontribusi yang cukup detail mengenai diskusi dan referensinya pada waktu itu. Mungkin bisa di search kembali di database milis.

Kalau untuk referensi dan bahan bacaan, di internet tersedia secara gratis dan banyak. Kalau ada problem spesifik yang ingin diangkat, saya yakin milis ini menyediakan resource yang handal dan kapable untuk membantu.

Tanggapan 2 – novembri nov

Tambahan

Untk masalah failure sebenarnya sudah dihitung oleh designer dengan perhitungan jenis material, minimum thickness yang dibutuhkan untuk mengalirkan fluida yang disebutkan. Parameter tekanan, temperatur , flow rate, jenis fluida semuanya bisa di simulasikan dalam perhitungan tebal thickness. Untuk servicenya nanti akan dihitung juga oleh stress engineer dilokasi mana harus diberikan support sehingga bisa meredam gearan yang terjadi.Jadi failurenya dari semua consider diatas bisa di antisipasi.

Sebagai informasi bapak bisa mengikuti training Piping Process.
Lihat informasi di : http://pdmsbatam.wordpress.com