Pipeline Welding Inspector adalah inspector untuk mengawasi pekerjaan welding di Pipeline, pekerjaan pipeline sendiri sebenarnya termasuk civil work. Sedangkan QC inspector/General welding inspector cenderung ke Plant (refinary). Untuk requirementnya saya sependapat dengan rekan2 yang menyebutkan standard2nya. Welding Inspector bukanlah welding engineer, jadi welding/NDT inspector hanya mengawasi pekerjaan dilapangan hingga hasil NDT di Dark Room, tidak termasuk welding failure analysis, yang menjadi tanggung jawab Welding Engineer. Certificate yang dituntut adalah WI dan NDT Inspector (Level NDT Inspector paling tidak NDT level II).

Tanya – MahadiCapah@Eaton

Pagi ini saya membaca sebuah lowongan di milist. Satu perusahaan off-shore membutuhkan PIPELINE WELDING INSPECTOR dengan syarat structural experiencen dan syarat lainnya sementara di perusahaan lain ada lowongan untuk QC Inspector/Welding Inspector dengan requirement yang berbeda. Mohon pencerahan dari bapak yang sudah pengalaman dibidang itu untuk beberapa pertanyaan berikut:

1. Perbedaan secara mendasar antara Pipeline WI dan General WI

2. Special skill requirement untuk pipeline WI dan general WI

Tanggapan 1 – Dwi A.S. Utomo

Pak Mahadi,

Yang saya tahu, secara praktek pekerjaan inspeksinya tidak ada perbedaan yang mendasar. Visual Inspection, Film Interpretation, NDE result verification, semua mirip-mirip juga.

Yang membedakan mungkin di penguasaan (akibat sering pakai) Code & Standardnya. Pipeline WI kemungkinan lebih familiar dengan API 1104 & ASME B.31.4 & 31.8, Sementara General WI biasanya lebih familiar dengan ASME IX, VIII, & B.31.3.

CMIIW please.

Tanggapan 2 – Andri.Candra@infineon

Pak Mahadi ,

Mungkin di sini saya bisa menambahkan sedikit, memang seperti yg di nyatakan pak dwi, memang tidak ada perbedaan mendasar, tp mungkin boleh di katakan bila general Welding inspection mungkin code yg di pakai scopenya lebih luas ya, AWS D.1.1(structure), API 1104 (pipeline), Asme B3.1.3 (piping process), Asme IX(boiler and pressure vessel), ASME VIII(Pressel Vessel) itu secara umumnya pula. sedangkan pipe line welding inspector ya lebih ke piping scope, namun WI general lebih mudah ke piping area karena basicly mereka udah ada pengenalan tentang piping jd perbedaan nya adalah masalah kefamiliaaran & scope area kerja….

Tanggapan 3 – Kiagus Ismail Hamzah Mahbor

Pak Andri,

Piping dan pipeline berbeda pak….
thanks..

Tanggapan 4 – hadi muttaqien

Saya cenderung bila Pipeline welding inspector adalah inspector untuk mengawasi pekerjaan welding di Pipeline, pekerjaan pipeline sendiri sebenarnya termasuk civil work. Sedangkan QC inspector/General welding inspector cenderung ke Plant (refinary). Untuk requirementnya saya sependapat dengan rekan2 yang menyebutkan standard2nya. Menurut saya Welding Inspector bukanlah welding engineer, jadi welding/NDT inspector hanya mengawasi pekerjaan dilapangan hingga hasil NDT di Dark Room, tidak termasuk welding failure analysis, yang menjadi tanggung jawab Welding Engineer. Certificate yang dituntut adalah WI dan NDT Inspector (Level NDT Inspector paling tidak NDT level II).