Posisi untuk Facility Engineer (FE) tergantung tempat kerjanya, tentu beda antara refinery dengan eksplorasi dan produksi atau di konsultan. Pekerja di FE biasanya berasal dari maintenance, project, dan sekitar 5 tahun > pengalaman di bidangnya (rotating, electrical, instrument), tugas2 utamanya study pengembangan peralatan, problem solving utk masalah2 yg akut dan berulang dpt bekerja sama dgn konsultan atau vendor), modifikasi yg diperlukan, studi keekonomian serta memberi pertimbangan2 kpd owner, direksi tentang perkembangan bisnis usaha secara teknis dan engineering.

Tanya – Carlin Herwit

Saya mau nanya, rencananya 2 minggu lagi saya mau ikut interview untuk posisi facility engineer (salah satu perusahaan oil & gas di Indonesia).
Saya mohon masukannya dari bapak-bapak dan teman-teman semua, pertanyaan saya adalah;

1. Apa sih position description dari facility engineer tersebut

2. Background saya adalah mechanical, subject2 apakah yang harus saya kuasai untuk posisi ini

3. Nantinya akan ada proses case study, kira-kira case studynya mengenai apa, apa aja yang harus sy kuasai untuk dapat menyelesaikan case studi tersebut dengan baik.

4. Mohon masukan dan tips nya untuk proses interview

Atas jawaban bapak2 dan rekan2 semua saya ucapkan terima kasih banyak.

Tanggapan 1 – Dwi A.S. Utomo

Mas Carlin,

Facility Engineer (CMIIW please) biasanya berkaitan dengan operability alat-alat proses maupun pendukungnya. Alat-alat proses bisa berupa static equipment (PV, Tanks, Piping, Pipeline) ataupun rotating equipment (pumps, compressors). Pendukungnya adalah struktural & lifting equipment. Instrumentasi mungkin termasuk juga disini.

Background mechanical, kemungkinan besar akan masuk ke static dan atau rotating equipment. Yang perlu dikuasai mungkin dasar2 material, prinsip2 inspeksi teknis, dan equipment integrity.

Tentang case study, wah, bisa macem2. Tapi saya pikir nggak jauh-jauh dari failure analysis atau integrity evaluation. Tapi tidak tertutup kemungkinan case study yang lain.

Semoga membantu,

Tanggapan 2 – Mustamin al-Mandary

Tentang R&R jobnya, bagusnya tanya sama calon employer. Biasanya sih di info pengumuman vacancy, sudah disebutkan job profilenya. Dengan background Carlin itu, banyak hal yang bisa diurusi. Jika calon employer Anda lebih specific jobnya, mungkin akan lebih sempit. Tapi di t4 lain, yang namanya FE itu bisa sangat luas.
Tips interview, tentu harus mengatakan apa adanya. Tidak usah membumbu2i dengan hal2 yang mungkin tdk sepenuhnya Anda kuasai. Tetapi jika ada keahlian Anda, sampaikanlah itu dengan bajik, siapa tahu pas itu yang dibutuhkan oleh calon user Anda.
Saya hanya bisa mendoakan, semoga berhasil. Bekerja itu indah, jika kita menyukai tantangan…

Tanggapan 3 – Maison Des Arnoldi

Utk FE tergantung tempat kerjanya, tentu beda antara refinery dgn eksplorasi dan produksi atau di konsultan. berikut info utk berbagi.

1. pekerja di FE biasanya berasal dari maintenance, project, dan sekitar 5 tahun > pengalaman di bidangnya (rotating, electrical, instrument)

2. tugas2 utamanya study pengembangan peralatan, problem solving utk masalah2 yg akut dan berulang 9dpt bekerja sama dgn konsultan atau vendor).

3. modifikasi yg diperlukan, studi keekonomian.

4. memberi pertimbangan2 kpd owner, direksi tentang perkembangan bisnis usaha secara teknis dan engineering.

Terimakasih