Untuk flame detector, informasi cone of vision (biasanya 90 atau ada yang claim 120 degree), radius of vision, dapat dilihat pada manual book masing2 yang dikeluarkan manufacture karena memang tiap2 detector berbeda2. Tentunya di dalam manual book ini juga terdapat keterangan mengenai testing yang dilakukan. Biasanya sih in general cone of vision sekitar 90 atau 120 degree, radius detection ada yang sekitar 50 feet untuk 1sqft fire atau bisa lebih tergantung jenis frequency yang di gunakan (single frequency, atau double / triple frequency)

Tanya – Fadhli Halim

Dear All,

Mohon sharing ilmunya tentang,

1.referensi flame detector (IR/UV) yang mengatakan tentang

a. maximum cone of vision

b. maximum radius of vision

c. angle, etc

2.kalibrasi gas detector dari % LEL ke LEL.m (misalnya untuk 20 % LEL = 0.5 LEL.m.) lalu bagaimana dengan nilai 65 % LEL ?? apakah ada table/aturan pengkonversian nya??
Terima Kasih atas tanggapan rekan semua.

Tanggapan – mefredi_cfse

Dear mas Fadhli

1. Untuk flame detector, informasi cone of vision (biasanya 90 atau ada yang claim 120 degree), radius of vision, dapat di tengok pada manual book masing2 yang dikeluarkan manufacture karena memang tiap2 detector berbeda2. Tentunya di dalam manual book ini juga terdapat keterangan mengenai testing yang dilakukan. Biasanya sih in general cone of vision sekitar 90 atau 120 degree, radius detection ada yang sekitar 50 feet untuk 1sqft fire atau bisa lebih tergantung jenis frequency yang di gunakan (single frequency, atau double / triple frequency)

2. Kalibrasi LELm berlaku untuk type open path gas detection, dimana misalnya kalibrasi dilakukan dengan standard 5 LELm (rata2 factory calibrated OPGD adalah 5 LELm) maka detector akan memberikan output jika mendeteksi gas dengan concentrasi 100%LEL pada panjang cloud diameter 5 meter. Output yang sama akan di dapatkan jika ada gas sebanyak 50%LEL dan pada panjang diameter cloud 10 meter. Untuk 65% LEL maka outputnya tergantung berapa panjang diameter gas tersebut ?