Pemakaian SOV di oil & gas tidak ada yang istimewa, pokoknya selama itu memenuhi project specification yang ada, tidak apa-apa. Hanya saja terkadang client ada yang brand minded, kemudian pengalaman pemakaian, jadi kadang mintanya ya itu-itu aja. Tapi kadang ada beberapa merk yang overspec, alias memang stdnya sudah tinggi baik dalam sisi material atau elektriknya, padahal project specnya tidak butuh yang terlalu tinggi2, dan merk tadi tidak dapat menurunkan speknya karena sudah jadi standardnya, jadi terlampau mahal kalau dilihat dari costnya.

Tanya – harryxwj

Dear Rekan Milist,

Untuk Pakar maupun Technical Authority untuk Solenoid Valve, mohon pencerahannya untuk pemakaian solenoid valve yang biasa dipakai di Oil and Gas terutama yang equivalent dengan merk Bifold. Terima kasih,

Tanggapan 1 – Wikan Nugrahajaya

Setauku sih untuk pemakaian SOV di oil&gas ga ada yang istimewa, pokoknya selama itu memenuhi project specification yang ada, ya gapapa. Hanya saja terkadang client ada yang brand minded, terus pengalaman pemakaian, jadi kadang mintanya ya itu-itu aja.

Tapi kadang ada beberapa merk yang overspec, alias emang stdnya udah tinggi baik dalam sisi material atau elektriknya, padahal project specnya ga butuh yang tinggi2 amat, dan merk tadi ga bisa nurunin speknya coz sudah jadi standardnya, jadi terlampau mahal kl dilihat dari costnya.

Aku rasa seperti itu aja sih.

Sory, mungkin ga seberapa menjawab.

Tanggapan 2 – Akh. Munawir

Perlu diperhatikan juga, apakah SOV tersebut ditempatkan di Hazardous Area ataukah di Unclassified Area ? Spec.-nya perlu menyesuaikan area classificationnya Explossion proof atau kah tdk.