Untuk perhitungan fuel consumption alat berat (berlaku pada semua engine) sebaiknya tetap memakai H/M, karena penggunaan Km/H untuk fuel consumption kurang akurat. Penggunaan fuel tergantung dari besarnya putaran mesin. Di specs engine akan terlihat fuel consumption = Liter/Hour atau gal/H. Kita bisa lihat jika mobil pada saat macet (mesin hidup) akan tetap mengkonsumsi bahan bakar padahal jaraknya hanya mungkin 2 km dalam waktu 0.5 jam akan lebih banyak daripada perhitungan kita dgn asumsi 10-11 km/liter, tetapi kalau kita berasumsi engine itu akan mengkonsumsi 4-6 liter/hour (sesuaikan dgn specs engine) mungkin akan lebih akurat perhitungan kita.

Tanya – Mohamad Irfan

Dear all,

Bagaimanakah mengubah H/M (meteran yang biasanya ada di alat berat) menjadi Km? mohon bantuannya. Sebenarnya H/M filosofinya gimana sih? Thanx.

Tanggapan 1 – Amri Santosa

Dear Pak Irfan,

Klo menurut saya satuan itu tinggal dibalik saja contoh:

0,5 H/m, pengertiannya adalah 0,5 hour per 1 meter.

Maka jika diperlukan berapa meter per 1 hour ; 1 meter / 0,5 hour = 1 / 0,5 m/H = 2 m/H, jika dijadikan Km tinggal dibagi 1000 saja = 0,002 Km/H.

Tanggapan 2 – irvan.rosyandi@indomobil-volvotrucks

Mungkin H/M yang dimaksud adalah hoursmeter atau engine hours., yang biasa digunakan buat Alat berat, filosofinya karena jarang bergerak, atau lebih bertumpu pada kerja engine ( hiudp ) beda dengan kendaraan truck, bus dll, yang lebih mengutamakan km ( jarak ).

Tanggapan 3 – Dwi A.S. Utomo

Berarti fumgsinya seperti odometer ya pak?

Kalau mobil/truck diservis (ganti oli, setel klep, ganti timing belt, dll) setelah sekian ribu km,
kalau alat berat diservis setelah beroperasi sekian ribu jam…seperti kompresor dan pompa.
Begitu?

Tanggapan 4 – Syarif Isa

Klo untuk perhitungan fuel consumption alat berat (berlaku pada semua engine) sebaiknya tetap memakai H/M, karena penggunaan Km/H untuk fuel consumption kurang akurat. Penggunaan fuel tergantung dari besarnya putaran mesin. Di specs engine akan terlihat fuel consumption = Liter/Hour atau gal/H. Kita bisa lihat jika mobil pada saat macet (mesin hidup) akan tetap mengkonsumsi bahan bakar padahal jaraknya hanya mungkin 2 km dalam waktu 0.5 jam akan lebih banyak daripada perhitungan kita dgn asumsi 10-11 km/liter, tetapi kalo kita berasumsi engine itu akan mengkonsumsi 4-6 liter/hour (sesuaikan dgn specs engine) mungkin akan lebih akurat perhitungan kita.

Tanggapan 4 – irvan.rosyandi@indomobil-volvotrucks

Kira – kira begitu pak, tetapi tidak jarang truck yang beroperasi di mining menggunakan engine hours, lebih jelasnya yang seperti dijelaskan Pak Isa di email sebelumnya.