Piping Department adalah bagian dari Divisi Engineering, yang selain Piping, juga terdiri dari Process, Mechanical, Civil/Structural, Electrical & Instrument. Piping Department sendiri mempunyai 3 sub bagian dan dipimpin oleh seorang Piping Manager, yaitu: Piping Design/Lay Out, Piping Material Engineering dan Material Control serta Piping Stress Engineering dan Pipe SUpport

Tanya – Bahar

Pagi semuanya

Saya mau menanyakan main job dari piping engineer apa saja?

Terimah kasih

Tanggapan 1 – Donny Agustinus

Mas Bahar,

Tugasnya cukup panjang kalau mau ditulis disini, jadi kalau mau baca ada dalam blog saya:

http://don85.wordpress.com/2008/08/05/lead-piping-engineer-the-story/

Tanggapan 2 – nuchan

Piping Department adalah bagian dari Divisi Engineering, yang selain Piping, juga terdiri dari Process, Mechanical, Civil/Structural, Electrical & Instrument.
Piping Department sendiri mempunyai 3 sub bagian dan dipimpin oleh seorang Piping Manager, yaitu:

• Piping Design/Lay Out

• Piping Material Engineering dan Material Control

• Piping Stress Engineering dan Pipe SUpport

Secara singkat tugas masing-masing bagian tersebut adalah:

Piping Design

Ini adalah group yang paling banyak anggotanya. Group ini mempunyai tugas untuk men-design atau membuat layout dari piping system. Mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan layout piping yang cukup flexible dan cukup mempunyai supporting system. Mereka juga harus memastikan bahwa semua in-line instrument tergambar dengan tepat pada lokasi tertentu, dengan equipment equipment dan pipa yang sesuai dengan project criteria.
Group ini juga harus sudah mempertimbangkan faktor operasi, maintenance, safety dan constructability.

Piping Material Engineering dan Material Control

Piping Material Engineer mempunyai tanggungjawab untuk membuat Master Specification untuk semua piping system. Specification untuk Piping Material biasanya terdiri dari pipa, valves, fittings, flanges, bolt and nut, gaskets, branch connections, fabrication criteria dan installation criteria. Juga termasuk insulation, paint dan special coatings lainya, dan tak kalah pentingnya adlah specialy items.
Sedangkan material control berfungsi untuk melakukan perhitungan total material piping yang diperlukan pada sebuah project. Termasuk didalamnya melakukan perhitungan Material take Off (MTO), production of Bill of Material (BOM), RFQ (Request For Quotation), Bid Tabulation.

Piping Stress Engineer dan Pipe Support

Tugasnya adalah melakukan perhitungan dan analisa terhadap seluruh piping system (critical system) dan men-design pipe support. Group ini juga memproduksi Specification untuk Stress Analysis, Spring Support, Standard Pipe Support, Special Pipe Support, expansion joints, dan special engineered item.
Untuk selanjutnya, kita akan lebih memfokuskan kepada Piping Stress Analysis, khususnya membicarakan tentang step-by-step didalam melakukan pekerjaan stress analysis.