Mohon Bimbingannya tentang penentuan Deluge Recommendation, lebih mengacu pada equipment atau pada material yang di handle dan juga untuk perhitungan fire water demand spesifikasi apa saja yang harus diperhitungkan.

Tanya – Arie Syiha

Mohon Bimbingannya tentang penentuan Deluge Recommendation, lebih mengacu pada equipment atau pada material yang di handle dan juga untuk perhitungan fire water demand spesifikasi apa saja yang harus diperhitungkan.

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – El Mundo

Pertama-tama yg hrs dibuat adalah drw show deluge coverage area, dan shadow diagram. Dari sini dpt tentukan berapa jmlh nozzle utk full coverage, terus ke nozzle katalog, pilih nozzle yg di mau di pakai, di katalog juga ada info minimum flow dan pressure thru nozzle, dr sini hitung berapa cap pompa. terus pilot valvenya mau ditrigger pakai apa,..heat sensor? prsseure drop, flame sensor, fire alam? atau manual..

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Pertanyaan lebih mendasar lagi….

‘apakah deluge water benar benar diperlukan?’

Tanggapan 3 – Chimiezada

Mas DAM,

Mungkin maksudnya perlu dilakukan analisa (QRA?) terlebih dulu gitu yak untuk memastikan bahwa deluge water memang diperlukan? yang menjadi pertanyaan saya adl mengenai analisa itu sendiri, analisa seperti apa yang mesti dilakukan? ini hal yang baru bagi saya, mohon dicerahkan ya !

– apakah analisa tersebut kegiatannya/scope-nya ‘sekeluarga’ dengan study seperti HAZOP yang melibatkan multi disiplin ataukah cukup dilakukan oleh discipline engineer saja (katakanlah process engineer) ?

– apakah tidak cukup apabila kita mengikuti standar yang sudah ada (mis. NFPA), yang notabene antara lain disusun berdasarkan pengalaman yang sudah ada, mengingat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut (klo benar dugaan saya bahwa analisa tersebut semacam HAZOP Study) diperlukan biaya yang tidak sedikit (yah meskipun klo kita dah terlanjur pasang tapi ternyata gak pernah dipakai biaya akan lebih besar lagi yg keluar percuma).

Tanggapan 4 – El Mundo

Jika installasi tsb di asuransikan maka perlu tidaknya deluge system di tentukan oleh design code, requlatory requirement dan HAZID.

Untuk gas tanker (termasuk gas floating system), IMO GAS Code mangharuskan pemasangan deluge system pada front wall of LQ/Accomodation block) facing gas exposed area, cargo tank dome, offloading/loading station, valves/vent farm where flamable gas can be released, helifuel tank farm .

Sy kurang paham installasi di onshore/bangunan gedung, ttpi NFPA dan OSHA juga mengharuskan deluge system pada misalnya Elect. transformer in addtion to blast wall dsb.

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Bukankah setiap proyek baru melibatkan Hazard Identification (Qualitative Risk Assessment) ?

Nah dalam Qualitative Risk Assessment ini akan dibahas perlu tidaknya deluge… tentu saja didukung dengan standar perusahaan bersangkutan. Kalau standar perusahaan bersangkutan mewajibkan, yah case closed, pasang saja.

Kalau dalam ilmu Quantitative Risk Assessment, ada yang namanya CBA, Cost Benefit Analysis. Beaya yang dikeluarkan harus sebanding dengan pengurangan resiko yang dihasilkan.

Silahkan saja dihitung.