Arah rolling transverse atau longitudinal tidak ada ketentuan di ASME VIII Div. 1, selain apa yang diatur dalam UCS-79. Semua nilai tensile yang tertera dalam mill cert adalah hasil test tensile transverse dan semua hasil test itu di atas minimum tensile dalam material spec, contohnya SA-516-70, maka di mill cert akan tertera 72 ksi atau 73 ksi, sebab itu merupakan requirement dalam ASME II Part A. – SA 20 para 11.2. Jadi pada prinsipnya semua plates yang diproduksi mill nilai transverse tensile telah memenuhi requirement tensile di spesifikasi-nya. Arah rolling yang harus sesuai longitudinal direction hanyalah kebiasaan saja, tetapi Code telah menjamin (berdasarkan requirement di atas) bahwa rolling arah transverse juga dapat dilakukan.

Tanya – rahmat ardiansyah

Selamat Pagi Bapak/Ibu,

Selama ini saya mengerol raw material untuk drum boiler selalu sejajar dengan arah pengerolan pelat sewaktu dipabrikasi. Sekarang saya punya masalah karena pelat yang ada harus disambung. Masalahnya sambungannya harus dirol tidak searah dengan arah pengerolan pabrik. Dulu sewaktu belajar WI ada instruktur yang mengatakan kalau hal ini tidak boleh. Saya sudah mencari di ASME I, ASME IX, DIN EN 12952 dan TRD tapi tidak menemukan pasal-pasal tentang hal itu. Mohon bantuan teman-teman mengenai hal ini.

Saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Firman Bhaktiwinaya

Pak Suparno,

Menurut saya,

Arah rolling transverse atau longitudinal tidak ada ketentuan di ASME VIII Div. 1, selain apa yang diatur dalam UCS-79.

Semua nilai tensile yang tertera dalam mill cert adalah hasil test tensile transverse dan semua hasil test itu di atas minimum tensile dalam material spec, contohnya SA-516-70, maka di mill cert akan tertera 72 ksi atau 73 ksi, sebab itu merupakan requirement dalam ASME II Part A.

– SA 20 para 11.2. Jadi pada prinsipnya semua plates yang diproduksi mill nilai transverse tensile telah memenuhi requirement tensile di spesifikasi-nya.

Arah rolling yang harus sesuai longitudinal direction hanyalah kebiasaan saja, tetapi Code telah menjamin (berdasarkan requirement di atas) bahwa rolling arah transverse juga dapat dilakukan.

Tanggapan 2 – Endri Prasetyo

Pak Firman dan Rekans,

Mumpung ngomongin masalah transverse dan longitudinal test, saya mau nanya juga.
Baik transverse maupun longitudinal, keduanya diatur kalau kita merefer ke AWS D1.1 yaitu pada section qualification. Lalu apa essensi dari keduanya?

Tanggapan 3 – hasanuddin

Di ASME sect VIII memang tidak ada ketentuan yg tidak memperbolehkan arah rolling plate (means transversal atau longitudinal boleh2 saja).

Tapi menurut hemat saya kok rasanya ‘pembebasan’ arah rolling ini tidak bisa diaplikasikan ke semua jenis plate. Constraint tertentu seperti thickness, grade, tipe, dll akan lebih bijak kalo ikut dipertimbangkan juga. Karena sifat anisotropi mekanikal properties dari plate notabene akan berbeda / case by case.

Rekan2 dari metallurgist mungkin bisa mengklarifikasi / menjjelaskan dengan lebih detil.

Tanggapan 4 – Sadikin, Indera

Betul sekali Pak Hasanuddin,

Harus dilihat dari kasusnya seperti cold-rolled/hot-rolled, ketebalan pelat, dsb. Semakin tipis pelatnya akan semakin terasa efek anisotropi karena semakin seragam orientasi butir. Dengan semakin banyaknya lightweight structure berbentuk shell tipis, ini bisa jadi kasus menarik untuk skripsi atau tesis bidang metalurgi.

Tanggapan 5 – Murdani

Kalo pelat hasil cold roll dimana butir dari bulat menjadi pipih dan sangat rapat…ini yang menjadi metoda penguatan logam hasil cold rolling.
Dislokasi akan bergerak dan akan saling bertemu dan terjadi lock unlock antar dislokasi. Makanya kalau pembuatan pelat tipis dilakukan cold roll, soalnya kalo menggunakan hot roll tidak akan terjadi hal seperti diatas, malahan pelat kekuatannya akan menurun.

Tanggapan 6 – Murdani

Coba liat di ASTM A6/A 6M-01b kalo tidak salah tentang “Standard Specification for General Requirments for Rolled Structural Steel Bars,Plates, Shapes and Sheet Pilling”. Kalo tidak salah disitu ada menjelaskan tentang hal tersebut. Kalo saya rasa gak ada masalah..mungkin ada masalah untuk jenis material tertentu saja. Maaf kalo ada yang salah.