Tiap pigment warna itu mempunyai color indeks (CI) masing-masing dengan sifat ketahanan pudar warnanya (atau dalam hal ini disebut ‘light fast’) masing-masing juga.
Warna bisa saja mirip atau bahkan sama pada pengaplikasian pertama kalinya, tapi kalau ternyata warna tersebut berasal dari pencampuran berbagai macam warna (color matching) yang terkandung pigment yang mempunyai ligth fast rendah, ya sudah pasti akan lebih cepat pudar dibandingkan single pigment yang mempunyai light fast tinggi.

Tanya – riko riko

Di photo yg saya lampirkan terlihat perbedaan warna cat yg signifikan.

Terlihat di sebelah kiri adalah cat paket project 1 dan sebelah kanan adalah paket project 2

Paket project 1 itu sudah selesai 2 tahun yg lalu; dan paket project 2 selesai 1 tahun yg lalu

Spec Painting: Primer > Interzinc 22

Inter > Intergard 475 HZ

Top > Interthane 990

Pertanyaan saya, kenapa dgn spec yg sama perubahan cat lebih cepat di alami oleh painting project paket 2? dari sisi usia painting paket 2 lebih muda.

Mohon informasinya dari rekan-rekan sekalian mengenai keadaan painting seperti ini

Terima kasih

Tanggapan 1 – Endri Prasetyo

Pak Riko,

Mungkin bisa ditrace dari test / batch certificate dari paint-nya dulu.
Apakah certificate menyatakan sama ?

Tanggapan 2 – Murdani

Liat rall color-nya..kali aja beda code warnanya, (walaupun misalnya sama warna kuning tiap warna kuning itu ada kode tersendiri). Ato mungkin cat yang dipakai bekas project 1?soalnya system storage juga bisa berpengaruh terhadap kualitas hasil cat nantinya.

Tanggapan 3 – riko riko

Pak Murdani;

Vendor paintingnya juga sama; Rall nya sama pak; spec painting sama antara project paket 1 dan 2, ga ada bedanya;ini yg membuat saya binggung pak

Tanggapan 4 – Batut Wahyudi

Pk Riko Selmat Pagi

> Memang untuk cat yang mudah pudar, kami sering menghadapi masalah tersebut, kebetulan produck perusashaan kami banyak ditempatkan diluar yang selalu kena hujan dan panas, untuk berbagi pengalaman bapak gunakankanlah fomula cat yang mengandung fiber.

> Ternyata apa yang sudah dilakukan pengamatan hasilnya sangat memuaskan dan tidak mudah pudar.

Tanggapan 5 – Hendrikawan M

Setahu saya, tiap pigment warna itu mempunyai color indeks (CI) masing-masing dengan sifat ketahanan pudar warnanya (atau dalam hal ini disebut ‘light fast’) masing-masing juga.
Warna bisa saja mirip atau bahkan sama pada pengaplikasian pertama kalinya, tapi kalau ternyata warna tersebut berasal dari pencampuran berbagai macam warna (color matching) yang terkandung pigment yang mempunyai ligth fast rendah, ya sudah pasti akan lebih cepat pudar dibandingkan single pigment yang mempunyai light fast tinggi.

Tanggapan 6 – Murdani

Apa report coating/painting ada?coba dibandingkan dulu dari proses aplikasinya, enviropment, mixing, sampai aplikasi coating/painting-nya.

Kalo memang sama keduanya tidak ada perbedaan yang signifikan ato pengaruh lain, tanyain aja ke Coating Inspector-nya, pasti ada donk Coating Inspector-nya yang dulu inspeksi dan buat report-nya.

Kalo saya buka-buka buku coating/painting ini bukan salah satu coating failure, tapi bisa jadi dari kesalahan aplikasi.

Tanggapan 7 – iwan amiruddin

Pak Riko,

Menurut sepengetahuan saya biasanya discoloration terjadi dikarenakan pigment dari produk top coat performancenya kurang. bisa saja ini terjadi dikarenakan setiap pigment memiliki strength yang berbeda.

Tanggapan 8 – Parana

Pak Riko,

Jika ada discoloration issue dalam hal painting pada 2 object yg sama yg notabene dikerjakan dengan vendor&paint spec sama, mungkin yang harus lebih diverifikasi lebih lanjut sbb:

1. mengenai blast clean method sebelum painting, please compared between 1st and 2nd object.

2. Wet layer thick saat painting

3. Line speed saat painting

4. Assurance komposisi solvent (hal ini sangat mempengaruhi pigment quality)-bisa saja ada sedikit perbedaan takaran pada 1st object dengan 2nd object

5. Drying method.

Mungkin rekan lain ada yg mau menambahkan lagi.

Tanggapan 9 – Dwi A.S. Utomo

My advice,

Consult with the paint manufacturer AND get a second opinion from coating experts.

My best guess,

No.4 or 5, juga kondisi aplikasi dan service environment.

Tanggapan 10 – riko riko

Terima kasih atas respon temen2 smua, buat pak Parana, pak Dwi Utomo yg meng-foward kasus ini ke tman2 di IP, pak Mundo dan rekan skalian; saya hendak internal cek dulu berdasarkan informasi teman2 skalin, dimana letak kesalahan aplikasi coating ini
Saya juga masih awam dibidang coating ini.