Mengenai HAZOP, keberlakuannya sangat spesifik, tidak bisa dikatakan HAZOP di Plant A akan pleg hasilnya sama. Pun, memberikan report HAZOP dari satu company ke orang lain di luar company itu adalah pelanggaran hak cipta, karena laporan HAZOP adalah rahasia perusahaan yang bersangkutan.

Tanya – rochim bakti

Saat ini saya sedang belajar safety di Oil Distillation Column. Apakah ada dari milister yang mempunyai Hazops analysis in area CDU?

Terima kasih sebelumnya,

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Lagi lagi, pertanyaan yang terlalu umum, dan jawabannya bisa-bisa satu buku setebal buku nya Less ‘Loss Prevention in the Process Industries’ (lebay kalau yang ini mah).

Sebaiknya, pertanyaan nya diperjelas dan spesifik, sehingga tidak menyusahkan dan menghabiskan waktu yang jawab.

Mengenai HAZOP, keberlakuannya sangat spesifik, tidak bisa dikatakan HAZOP di Plant A akan pleg hasilnya sama…

Pun, memberikan report HAZOP dari satu company ke orang lain di luar kompeni itu adalah pelanggaran hak cipta, karena laporan HAZOP setahu saya adalah rahasia perusahaan yang bersangkutan.

Semoga menjadi spesific

Tanggapan 2 – muhammad rakhmad

Mas DAM

Mungkin karena pertanyaannya umum, yaa dijawab aja umumnya CDU, atau sembarang CDU aja, karena penanya mungkin hanya untuk referensi bukan untuk dijiplak, biar tambah OK saja.

Kalau hasil company laen, biasanya kalo saya mbimbing anak PKL, saya minta name ‘X ‘ plant, tidak spesifik lokasinya. Nah mungkin bapak2 yang konsultan kan banyak case yang pernah di study, mungkin bisa dishare kan tanpa nyebutin nama company & lokasi(hapus aja).

Tanggapan 3 – Marusaha Doloksaribu

Saya sependapat dengan MBR. sekedar menambahi, mohon rekans yang lain jangan terlalu lantang mengatasnamakan ‘hak cipta’ .

Dikit-dikit hak cipta! Org indonesia yang memproduksi tempe yang sudah dipatenkan negara lain jg melanggar hak cipta? Tidak! malah sebaliknya.
(Hati2 mengatakan memproduksi tempe adalah kejahatan di republik ini, nanti bisa2 kita dibuat tempe sama produsennya)

Kalo memang niat membuat bangsa ini pinta,jangan terlalu kuatir lah menyebarkan informasi bahkan informasi dalam standard2 pun jg. Tapi cantik main, cari cara supaya tidak diketahui para petugas hukum.

Buat para pemegang standard, kalo standard itu TELAH mendatangkan keuntungan beli standardnya nanti okeh…. semua untung!
Buat para ilmuwan ugrade komponen2 dalam standardnya supaya itu tidak melanggar hak cipta lagi.
Beres, dan bangsa ini pun bisa bebas dari penjajahan standard!!

Tanggapan 4 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Bagaimana kalau anda memberikan contoh yang cantik – misalnya membuat situs khusus, dsb – untuk menyebarkan standard & codes yang ber-copyright, tapi tidak melanggar hukum ?. Saya ingin banyak belajar dari anda…

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Saya mendukung ide Pak Budhi,

Sekalian saja dilengkapi dengan semua dokumen masing masing perusahaan tempat Pak Marusaha bekerja… silahkan.

Saya pribadi, masih menghormati hak cipta…

Tanggapan 6 – Akh. Munawir

HAZOP itu referensi-nya Mainly menggunakan P&ID,
Lah opo yo’o Unit yg sama berarti P&ID nya sama?

Tanggapan 7 – muhammad rakhmad

Tidak pasti sama, tetapi ada beberapa hal yang typical, nah mungkin penanya butuh contoh saja, selanjutnya mungkin penanya akan mikir sendiri.

Jadi share sajalah bagi yang punya, biar seseorang bisa belajar dari karya bapak2.

Tanggapan 8 – Anshori Budiono

Meski sama-sama hidup di lumpur, kepiting Tanjung Santan rasanya bisa berbeda dengan kepiting Handil. Seperti HAZOP…. dia bisa jadi specific… He3x.

Bercanda loh…. bentar lagi mau lebaran nih.

Tanggapan 9 – rochim bakti

Terima kasih atas tanggapan Bapak2 semua….

Memang benar pertanyaanya saya buat umum karena benar apa yang seperti dikatakan salah satu rekan..ini hanya dipakai sebagai perbandingan antara hasil analysis yang saya lakukan based on study literature dengan hasil bapak2 yang sudah makan asam garam di dunia sana….
Ini juga tidak akan dijiplak ..wong cuma untuk comparasion aja…..silakan di share jika berkenan.

Saya tunggu….