Untuk perbedaan dan penggunaan journal, thrust dan tilting pad kira-kira sbb: 1. Konstruksi bantalan (bearing) machinery terdiri dari radial bearing dan thrust bearing; 2. Machinery dengan beban bantalan kecil dan putaran rendah masih menggunakan anti friction bearing. Becak, sepeda, sepeda motor menggunakan antifriction bearing; 3. Untuk machinery dengan beban bantalan besar dan putaran tinggi seperti pada turbo machinery (turbin, dll), digunakan joirnal bearing; 4. Baik antifriction bearing maupun journal bearing pada suatu machinery, merupakan set bearing yang terdiri dari radial bearing dan thrust bearing; 5. Dari tipe pelumasan lapisan film pada journal bearing, journal bearing dibagi menjadi dua yakni fixed profile atau sleeve type dan tilting pad bearing.

Tanya – A Riziq

Dear all,

Mohon pecerahan mengenai perbedaan dan penggunaan journal, thrust and tilt pad bearing? dan perbedaan annular dan can annular combustor? Terimakasih.

Tanggapan 1 – Murdani

Can Annular combustor sistem pembakaran dengan ruang bakar di keliling dengan menggunakan nomor pada tiap combustion chamber-nya.

Biasanya di sebut Can Type, seperti sarang lebah.

Tanggapan 2 – Anshori Budiono

Pak Riziq,

Untuk perbedaan dan penggunaan journal, thrust dan tilting pad kira-kira sbb:

1. Konstruksi bantalan (bearing) machinery terdiri dari radial bearing dan thrust bearing

2. Machinery dengan beban bantalan kecil dan putaran rendah masih menggunakan anti friction bearing. Becak, sepeda, sepeda motor menggunakan antifriction bearing.

3. Untuk machinery dengan beban bantalan besar dan putaran tinggi seperti pada turbo machinery (turbin, dll), digunakan joirnal bearing.

4. Baik antifriction bearing maupun journal bearing pada suatu machinery, merupakan set bearing yang terdiri dari radial bearing dan thrust bearing.

5. Dari tipe pelumasan lapisan film pada journal bearing, journal bearing dibagi menjadi dua yakni fixed profile atau sleeve type dan tilting pad bearing.

Untuk memilih jenis bearing, kita harus konsultasi ke manufacture bearing. Bearing manufacturer akan merekomendasikan type bearing yang cocok dan termurah untuk machinery tersebut. Atau beberapa machinery manufacturer sudah mempunyai standar pilihan bearing berdasarkan beban dan kapasitas machinery mereka. Atau kalau kebetulan kita ada katalogue nya, kita bisa menseleksi sendiri sebagai referensi awal, tetapi seleksi akhir tentunya harus dari Bearing Manufacturer untuk mendapatkan garansi/waranty.

Kalau saya pribadi, selama masih bisa menggunakan anti friction bearing… gunakanlah anti friction bearing karena harganya murah dan spare part avaiability juga bagus dan murah. Kalau kemudian tidak bisa lagi menggunakan anti friction bearing, baru gunakan yang sleeve bearing. Pilihan terakhir, yang paling mahal, menggunakan tilting pad beraing (bearing yang dilengkapi dengan tilting pad).

Kalau mau lebih jauh mengetahui journal bearing, bisa masuk dan download ke salah satu fabrikan journal bearing merek Waukesha. Informasi dari sisi kelilmuan cukup lumayan dari web tersebut. Web nya: http://www.waukbearing.com/downloads.html.

Semoga membantu.

Tanggapan 3 – Sketska Naratama

Sewaktu saya kerja praktek di Ramba onshore, ada buku yang menarik yaitu
kumpulan materi training Gas Turbine yg dibawakan oleh DR Maurice. Singkat
padat dan dilengkapi oleh gambar2 yang jelas tanpa bertele-tele dalam
menjelaskannya. Ini adalah salah satu referensi saya dalam tugas akhir yang
saya buat.

Buku tulisan Bloch yg 4 volume itu juga cukup menarik. Terakhir saya
googling dan dapatkan link nya utk download.

Tanggapan 4 – Sketska Naratama

Mas Sketsa,

Link down load buku yang anda maksud untuk kumpulan materi training Gas Turbine yang anda maksud… boleh dong kalau sharing ke kami. Saya tertarik juga untuk membacanya.